Pembinaan Penegakan Perda KTR

0
42

Tingginya permasalahan PTM di Indonesia memerlukan upaya pengendalian yang memadaii dan komprehensif melalui promosi, deteksi dini, pengobatan, dan rehabilitasi. Beberapa faktor resiko dalam Penyakit Tidak Menular adalah kebiasaan merokok, penggunaan narkotika dan konsumsi makanan yang mengandung zat aditif yang berbahaya. Saat ini Pemerintah Daerah sedang giat-giatnya mensosialisasikan penegakan PERDA No.7 Tahun 2015 tentang KTR, PERDA No.14 Tahun 2004 tentang Pengendalian, Penertiban dan Pengawasan terhadap peredaran dan penggunaan Bahan Tambahan yang dilarang digunakan dalam Pangan terkait Undang-undang No.18 Tahun 2012 tentang Pangan dan PERDA No.13 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Maksiat terkait Undang-undang No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan bekerjasama dengan POL PP Prov.,DIKNAS,BPOM dan BNNP tanggal 23 Januari 2017 melaksanakan pembinaan penegakan PERDA diatas pada SMAN 19 Palembang dengan memberikan penyuluhan kepada guru dan siswa SMAN 19 Palembang tentang bahaya merokok,bahaya menggunakan narkotika dan bahaya terus menerus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat aditif yang berbahaya dan sekaligus memeriksa lingkungan kantin dan keamanan pangan yang ada di kantin sekolah.

SMAN 19 Palembang Guru dan siswa di lingkungan SMAN 19 Palembang mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang bahaya merokok,bahaya menggunakan narkotika dan bahaya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat adiktif dan peraturan yang berhubungan dengan masalah tersebut diatas.

Pelaksanaan sosialisasi ini, merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka penegakan PERDA di Provinsi Sumatera Selatan yang bekerjasama dengan lintas sektoral dan diharapkan kegiatan ini dapat terus berkelanjutan.