Membentuk Tim Akreditasi Faskes Puskes Melalui Pelatihan Pendamping

0
16

Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dan terpenting dari pembangunan nasional, dengan bertujuan meningkatkan kesadaran, kemajuan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal, untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan nasional diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu.

Puskesmas sebagai salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peran penting dalam system kesehatan nasional khususnya subsistem upaya ksehatan, agar puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal perlu dikelola dengan baik, baik kinerja pelayanan, proses pelayanan, maupun sumber daya yang digunakan.

Tujuan utama akreditasi puskesmas adalah untuk membina peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen muta dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko dan bukan sekedar penlaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

Pelatihan yang diselenggarakan di Hotel 101 Jl. Rajawali Palembang ini dimulai tanggal 03 s/d 13 Maret 2017 yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan yang pada kesempatan ini diwakili oleh Seketaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Narasumber Pusat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Tim Fasilitator (Master Trainer).

Peserta yang diikuti oleh 36 orang atau 12 tim pendamping berasal dari 11 tim dari kabupaten/kota dan 1 tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan. Sedangkan Anggaran yang diselenggarakan berasal dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara Satuan Kerja 04 Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.

Pada kegiatan ini diharapkan peserta tim dari setiap kabupaten/kota mampu melakukan pendampingan persiapan akreditasi FKTP sehingga dapat terjacapai tujuan khusus diantaranya: memahami standar dan instrumen akreditasi FKTP, melakukan penyusunan dokumentasi akreditasi FKTP, melakukan penilaian akreditasi FKTP, memahami langkah persiapan akreditasi pelaksanaan akreditasi dan tata laksana survey/self assessment akreditasi FKTP, melakukan pertemuan tinjauan manajemen, dan melakukan pendampingan dan fasilitasi pra dan pasca akreditasi FKTP, serta melakukan teknik audit internal.