Tenaga Kesehatan Terpilih Sumsel Siap Tarung Ke Tingkat Nasional

0
79

Bertempat di Bapelkes Provinsi Sumatera Selatan,dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan bersama Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan,Tim Juri Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan menilai para Peserta Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan tahun 2017.
kegiatan “Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan Di Puskesmas Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2017” ini memiliki dasar hukum
UU No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan,
UU No. 36 tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan,
UU No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara/ASN,
PERMENKES No.23 tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pemberian Penghargaan Bagi Tenaga Kesehatan Teladan Di Puskesmas,SK Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Nomor. 440/ 585  /KES.XIII/II/2017 tanggal 01 Februari 2017.
Tentunya seleksi pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas Tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2017 ini mewakili Provinsi Sumatera Selatan dalam seleksi Tenaga Kesehatan Telatan di Puskesmas Tingkat Nasional tahun 2017.
Pada khususnya, seleksi ini bertujuan memilih nakes terbaik di Puskesmas tingkat provinsi Sumsel yaitu Dokter/Dokter Gigi, Perawat,Bidan Desa,Ahli Gizi,Tenaga Kesehatan Masyarakat dan Juru Imunisasi.
Peserta berjumlah 88 orang  yang berasal dari 15  Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan (2 Kabupaten yang tidak mengirim peserta adalah Kota Pagaralam dan Kota Lubuklinggau), dengan 6 kategori jenis tenaga kesehatan yang diperlombakan yaitu :
Dokter/Dokter Gigi
Perawat
Bidan
Ahli Gizi
Kesehatan Masyarakat
Juru Imunisasi
Tim Juri pada kegiatan ini berasal dari :
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan
Organisasi Profesi terkait di  Provinsi Sumatera Selatan IDI, IBI, PPNI dan IAKMI

Pelaksanaan Metode Penilaian dijelaskan dr. Uke Veronika selaku Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dalam Laporan Pelaksanaannya sebagai berikut :
Berjenjang melalui proses verifikasi dan penilaian di tingkat Puskesmas dilanjutkan dengan seleksi di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota selanjutnya diusulkan ke Dinas Kesehatan Provinsi.
Di tingkat Provinsi Penilaian dilakukan dengan unsur yang meliputi :
Umum dengan Komponen :
Berahlak dan budi pekerti baik
Tidak mengunakan NAPZA
Berjasa terhadap masyarakat diwilayah kerjanya
Menemukan atau mampu inovasi
Lulus seleksi
Tidak merokok
Penguasaan Kebijakan tingkat Provinsi (uji tulis)
Penilaian Kinerja dengan wawancara, Komponen yang dinilai :
Sebagai Penggerak Pembangunan berwawasan kesehatan
Sebagai Pemberdaya Masyarakat
Sebagai Pemberi Pelayanan Kesehatan
Sebagai Pegawai Puskesmas
Sebagai Profesional
Sebagai anggota Masyarakat.
Berdasarkan hasil penilaian akan ditetapkan 3 (tiga) orang nominasi pada masing-masing kategori yang akan dilakukan kunjungan lapangan untuk menentukan Juara 1, 2 dan 3 pada masing-masing kategori. Penilaian kinerja dengan Tinjauan Lapangan, untuk membuktikan hasil wawancara menggunakan komponen yang sama dengan wawancara,sedangkan penilaian tambahan meliputi:
Masa kerja
Penghargaan yg diterima
Pendidikan/pelatihan yang pernah diikuti
Kondisi Geografis.
Adapun waktu pelaksanaan tes tertulis dan wawancara ini berlangsung hari Selasa sd Kamis tanggal 25 sd 27 APRIL 2017 (3 hari).

Selanjutnya Uke menjelaskan penghargaan yang diberikan di antaranya :
Juara pertama pada masing-masing katagori akan mendapatkan penghargaan sebagai berikut :
Mewakili Provinsi Sumatera Selatan untuk Seleksi Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Nasional di Jakarta.
Diundang pada acara Peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun 2017 di Istana Negara Jakarta
Tropy/Piala DLL
Juara 2 dan 3 akan mendapatkan Tropy/Piala DLL

Pada sambutan singkat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Dra. Lesty Nurainy, Apt., M.Kes. mengatakan “Saat ini rasio tenaga kesehatan terhadap Puskesmas maupun terhadap jumlah penduduk di suatu daerah masih rendah, hal ini disebabkan karena Kondisi Geografis Puskesmas.  Untuk itu dibutuhkan suatu strategi untuk meningkatkan minat tenaga kesehatan untuk bekerja di Puskesmas.  Pada tahun 2016 Jumlah Puskesmas di Provinsi Sumatera Selatan berjumlah 335 Puskesmas yang tersebar dalam 17 Kabupaten/Kota.  Secara umum jumlah tenaga kesehatan di Puskesmas sudah tercapai tapi penyebarannya yang belum merata, selain itu SDM Kesehatan yang bekerja di Puskesmas komposisi jenis tenaga kesehatan masih sangat tidak seimbang”.
Selanjutnya Lesty berpesan “Untuk itu Kami berharap bahwa Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan Di Puskesmas ini dapat menjadi satu motivasi untuk meningkatkan minat kerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas  sehingga dapat menjadi pendorong terciptanya Tenaga Kesehatan yang mempunyai sikap Nasionalis, etis dan Profesional, memiliki semangat pengabdian yang  tinggi, Disiplin, Kreatif, berilmu, terampil, berbudi luhur serta memegang teguh etika profesi”. Tegasnya.