Dinkes Provinsi Menindaklanjuti Instruksi Presiden No.1 Tentang Germas

1
23

Sesuai dengan Instruksi Presiden RI No.1 Tahun 2017 tentang Germas, dalam rangka mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit maka Para Menteri kabinet kerja, Kepala lembaga pemerintah non kementerian, Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dan Para Gubernur dan Bupati/Walikota untuk menetapkan kebijakan dan mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing gunamewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Wujud Germas melalui peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, Peningkatan kualitas lingkungan dan Peningkatan edukasi hidup sehat.

Rapat Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan dipimpin oleh Joko Imam Sentosa, Sekda Provinsi Sumsel yang dihadiri oleh seluruh OPD Provinsi Sumsel. Mendampingi Sekda Provinsi, Kadinkes Prov. Sumsel, Lesty Nurainy, Apt.,M.Kes.dalam penyampaiannya “Tindak lanjut dari pertemuan ini adalah membentuk Pokja untuk membuat Peraturan Gubernur Provinsi Sumatera Selatan dalam kurun waktu 1 (satu) bulan ke depan atau akhir bulan Juni sudah bisa diberlakukan segera” Lanjut lagi Lesty mengutarakan, “Setelah dibuatkan Pergub, nantinya akan diedarkan ke Kab/Kota dan di Tindak Lanjuti dengan Perwali untuk di TL kembali ke OPD Kab/Kota dan hasil evaluasi pelaporan akan kita laporkan ke Presiden dan dipantau melalui Kemendagri”.

Penutup, Joko berpesan, “Masing-masing OPD tentu punya program untuk dianggarkan ke Bappeda, dalam Promotif dan Preventif yang merupakan tulang punggung Germas dan Mudah-mudahan bisa dihimpun dengan baik terhadap OPD yang terlibat”.

artikel terkait, klik di sumselprov.go.id