Tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan melakukan monitor di Semua kawasan 17 Kab/Kota yang salah satunya di daerah Muara Rupit di Kabupaten Musi Rawas Utara dengan jarak tempuh kurang lebih 9 jam dari kota Palembang.

Posko dengan fasilitas kesehatan yang ada berupa mobil jemput bola dari Kota Lubuk Linggau dan Tempat peristirahatan pemudik. Tim kesehatan Dinkes Provinsi dari Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) ini dikoordinir oleh Bapak Ferry Yanuar, SKM, M.Kes, Selaku Kepala Bidang P2P dan ketiga Kepala Seksi yaitu : Bpk Yusri, SKM (Seksi Surveilans dan Imunisasi, dr. H. Icon Harison (PTM dan Keswa) dan Bpk. Martindra Mirlansyah, SKM (P2 Penyakit Menular).

 


Tidak hanya dari lokasi yang jauh saja, pemeriksaan kesehatan terhadap pengemudi menjadi fokus utama tim kesehatan di seluruh wilayah se-Sumsel. Petugas Kesehatan juga tak bosan memberikan penyuluhan promotif ke berbagai titik posko dengan Gerakan Mengemudi Sehat (Gemes), dimana dengan gerakan ini sesuai penyuluhan Pemerintah Pusat (Kemenkes RI) mengajak para pengemudi tetap sehat dari Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular dan Sehat di Jalan serta selamat sampai tujuan. Hebat yaitu H: Hindari berkendara saat kondisi tubuh tidak sehat, ngantuk dan kelelahan, E : Enyahkan asap rokok dan alkohol terutama jika akan berkendara. B: Beri pertolongan segera bila terjadi kecelakaan, A: Ayo, beristirahat jika mengantuk atau kelelahan saat mengemudi, T : Tetapi ingat! penumpang mempunyai risiko akibat kecelakaan yang sama dengan pengendara.

Selain itu juga, memberikan himbauan kepada pengemudi untuk menjalankan Tips Mudik Sehat, Aman dan Selamat berupa

  • Siapkan Fisik yang sehat dan prima
  • Tidak meminum obat yang menyebabkan kantuk
  • Istirahat tiap 4 Jam perjalanan
  • Jangan Paksakan mengemudi bila lelah dan mengantuk
  • Gunakan masker dan lindungi diri dari asap, debu dan polusi
  • Jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal
  • Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum dan sesudah makan
  • Konsumsi makanan atau minuman yang bersih dan sehat
  • Buanglah sampah pada tempatnya
  • Buang air kecil / besar di toilet yang tersedia
  • Bila Sakit manfaatkan pos kesehatan terdekat

 


 

 

Kesiapsiagaan juga tidak terlepas dari saling berkoordinasi dengan sesama internal kab/kota atau lintas sektor. Salah satunya berkoordinasi dengan pusat NCC di Jakarta yang merupakan layanan Call Center 119 SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) yang memberikan manfaat berupa Pelayanan Kesehatan Gawat Darurat dengan menekan tombol 119 melalui Handphone untuk meminta bantuan pertolongan apabila terjadi korban akibat kecelakaan, sakit yang serius dan jauh dari lokasi/titik posko kesehatan selama berada dalam wilayah Sumatera Selatan. Oleh karena itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel mengimbau untuk dapat memanfaatkan layanan ini dengan tepat dan baik.


Berikut ini adalah Daftar tempat titik-titik Posko Kesehatan yang dapat dimanfaatkan ketika sedang mudik.