Pemprov Sumsel Miliki RS Khusus Mata dengan Teknik Operasi Tercanggih

0
11


Rumah Sakit Khusus Mata Masyarakat (RSKMM) adalah Rumah Sakit khusus milik Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan yang dibentuk sebagai Salah satu upaya pemerintah provinsi dalam bidang kesehatan untuk mecegah dan menanggulangi masalah gangguan penglihatan dan kebutaan dengan tujuan melaksanakan upaya penanggulangan penyakit mata secara menyeluruh beserta system rujukannya dengan berorientasi pada masyarakat baik dari golongan mampu dan tidak mampu.

Pada awalnya Pemda mendi rikan Balai Kesehatan Mata Masyarakat kemudian bertransformasi menjadi Rumah Sakit Khusus Mata Masyarakat yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, RSKMM Saat ini berstatus kelas B berdasarkan SK Menkes RI nomor 371/Menkes/SK/IV/2008 dan statusRSKMM juga telah menjadi BLUD

Berdasarkan Keputusan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 84 / KPTS/BPKAD/2013 tentang Penerapan Status Pola Penge- lolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah pada Rumah Sakit Khusus Mata Masyarakat Provinsi Sumatera Selatan. RSKMM telah mendapatkan pengakuan Akreditasi nasional dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pada tahun 2011 dan RSKMM juga pernah mendapatkan penghargaan “Citra Pela-yanan Prima” dari Kemen- terian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada Tahun 2012 dengan kategori B atas prestasi dalam Peningkatan Kualitas pelayanan publik.

RSKMM sekarang berlokasi di Jl. Kol H Burlian KM 6 Palembang, dengan Luas bangunan 3.137,38 M2, Luas Tanah 3.800 M2 dengan daya listrik sebesar 690 KVA dan pengolaan IPAL cair serta Sarana pengelolaan air bersih. Dari keseluruhan bangunan dari 3 lantai secara garis besar terdiri dari Poli-Poli dan ruang rawat inap dilantai 1, ruang rawat inap VVIP, VIP dan ruangan OK dan Lasik dilantai 2. Sarana medik terdata di bagian asset inventaris dengan status droping/tender dari Dinas Kesehatan dan Pengadaan langsung dengan dana operasional BLUD

Adapun pelayanan unggulan dari RSKMM yakni, Phacoemulsification Teknik operasi Katarak tercanggih saat ini. Dioperasikan oleh dokter spesialis mata dan didampingi oleh perawat mahir mata yang selalu mengikuti Fellowship / Pelatihan khusus secara berkesinambungan untuk meningkatkan ketrampilan dan profesionalisme, serta didukung dengan prasarana medik/alat kesehatan yang baik. RSKMM juga melayani tindakan Laserinsitu Keratometri (LASIK) yakni operasi dengan teknik laser sebuah prosedur untuk memperbaiki penglihatan yang kabur atau rusak menggunakan sinar laser.

Untuk mengukur kepuasan masyarakat, RSKMM juga mela- kukan survey untuk mengukur indeks kepuasan masyarakat ter- hadap pelayanan yang diberikan. Survey ini dilakukan secara berkala (1 tahun 2 semester) dan terstruktur yakni dibentuknya tim dengan SK Kepala RS yang diperbarui setiap tahun. Adapun data hasil Survey IKM dari tahun 2013 s.d. 2015 berada dalam rentang nilai 62,51 – 81,25 dengan mutu pelayanan Kategori Baik (kategori: sesuai dengan SK Menpan RB RI No. 25 Th 2004) Data dari nilai tersebut mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, hal ini menunjukkan bahwa perbaikan-perbaikan internal yang dilakukan selama ini telah tepat sasaran dan perlu untuk dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi.

Pengunjung Meningkat Kebutuhan masyarakat atas pelayanan kesehatan mata di Provinsi Sumatera Selatan sangat tinggi. Berdasarkan data rekam medis di rumah sakit khusus mata masyarakat menunjukkan bahwa kunjungan pasien terus meningkat Adapun jumlah kunjungan pasien dari tahun 2013 sampai dengan November 2015 sebesar18,637 untuk pasien umum, 11,032 pasien Jamsoskes dan 24,870 pasien BPJS (data rekam medic tahun2013) kemudian data sampai akhir November menunjukkan peningkatan khususnya pada pasien BPJS menjadi 32,678 pasien, umum 11,035 dan Jamsoskes 3052 pasien (data s/d akhir November 2015). Indikasi meningkatnya kunjungan masyarakat untuk berobat ke rumah sakit khusus mata masyarakat seiring dengan pemberlakukan Sistem Jaminan Kesehatan Nasional.