Usung GERMAS, CERDIK, dan PATUH pada Tarawih bersama di Griya Agung

0
41

Hujan deras mengguyur kota Palembang dan sekitarnya pada 31 Mei 2017 tidak menyurutkan semangat sehat beribadah Shalat Tarawih Berjamaah di Griya Agung yang diadakan Dinkes Provinsi Sumsel, RS Ernaldi Bahar beserta UPTD. Kegiatan rutin yang dihadiri Kadinkes Provinsi Sumsel, Sekretaris Dinkes Prov. Sumsel, Kepala UPTD Dinkes Prov. Sumsel dan Pejabat Struktural lain beserta staf ini sudah diadakan setiap tahun. Kali ini menetapkan suatu terobosan dalam akselerasi kesehatan melalui kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dilakukan sebagai upaya promotif dan preventif kesehatan masyarakat.

Atas nama Kadinkes Prov. Sumsel dr. H. Trisnawarman, M.Kes menyampaikan pesan Germas dalam sambutannya kepada jamaah yang hadir dalam acara Tarawih bersama, “Tips sehat selama puasa ala Germas :

  • Pada saat sahur, perbanyaklah makan makanan berserat seperti buah dan sayuran, kurangi lauk berminyak, dan banyak minum air putih
  • Disiang hari kita tetap beraktivitas seperti biasa
  • Disaat berbuka, minumlah minuman yang manis alami tanpa gula, serta makanlah dengan porsi yang sewajarnya
  • Tidur malam yang cukup
  • Jadikan puasa sebagai alasan untuk berhenti merokok
  • Dan untuk ibu hamil serta penderita penyakit menahun sebaiknya berkonsultasi dengan petugas kesehatan apabila ingin berpuasa

Selain itu, Trisnawarman melanjutkan Program CERDIK adalah langkah preventif yang dibuat agar masyarakat yang masih sehat dan bugar dapat terhindar dari berbagai penyakit tidak menular (PTM), program ini terdiri atas : Cek kesehatan secara Berkala, Enyahkan asap Rokok, Rajin Olahraga, Diet Sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup, Kelola Stress.

Sedangkan program PATUH dibuat untuk pasien penyandang Penyakit Tidak Menular (PTM) agar penyakit tidak semakin parah dan tetap terkontrol kesehatannya, program ini meliputi, Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter, Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, Tetap diet sehat dengan gizi seimbang, Upayakan beraktivitas fisik yang aman, serta, Hindari rokok, alkohol dan zat karsinogenik lainnya.