World Lupus Day 2017

0
22

Lupus dengan berbagai masalah kesehatan yang merupakan penyakit kronis yang menyerang sistem imun dan dapat menyerang berbagai organ penting bagi tubuh manusia. Berbagai masalah kesehatan yang ditimbulkannya, tidak dapat dipungkiri dapat menimbulkan berbagai keterbatasan dan penurunan kualitas hidup yang ditimbulkan karena kebutuhan adaptasi yang luar biasa dari seorang odapus, membuat odapus secara nyata membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Lupus dengan berbagai masalah kesehatan yang merupakan penyakit kronis yang menyerang sistem imun dan dapat menyerang berbagai organ penting bagi tubuh manusia.

Berbagai masalah kesehatan yang ditimbulkannya, tidak dapat dipungkiri dapat menimbulkan berbagai keterbatasan dan penurunan kualitas hidup yang ditimbulkan karena kebutuhan adaptasi yang luar biasa dari seorang odapus, membuat odapus secara nyata membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.
Berbagai bentuk gangguan imun yang dialami oleh seseorang yang mengalami lupus, disertai pula dengan paparan terhadap program pengobatan jangka panjang, tentu saja membutuhkan perhatian dalam berbagai bentuk danberbagai pihak agar kualitas hidup seorang odapus berada dalam rentang yang optimal sebagai individu yang memiliki hak untuk sehat dan berperan optimal sebagai anggota masyarakat sebagaimana orang lain.

Dra. Lesty Nurainy, Apt., M.Kes. Mengatakan jumlah odapus dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Data yayasan lupus Iindonesia melansir bahwa didunia, paling tidak lebih 5 juta odapus diseluruh dunia dan di indonesia, hingga saat ini diperkirakan jumlah odapus meningkat dari 12.700 jiwa pada 2012 menjadi 13.300 jiwa per april 2013 serta menyerang sebagian besar wanita usia produktif. Jumlah ini juga menunjukkan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Di sumatera selatan sendiri, berdasarkan data yang dihimpun oleh persatuan lupus sumatera selatan, diperkirakan dan terdata sekitar 350 odapus yang terdata sejak plss berdiri tahun 2006.

Walaupun hingga saat ini, berbagai metode pengobatan bagi odapus telah dikembangkan di berbagai negara khususnya di indonesia, tetapi masih sangat diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas dan kesadaran bagi seluruh individu yang merupakan odapus serta individu secara umum yang berpotensi terkena lupus maupun individu yang menjadi bagian dari pengelolaan lupus seperti tenaga kesehatan dan keluarga. Imbuhnya ..
Acara yang dihadiri oleh kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Ketua Yayasan Lupus Indonesia, Ketua Persatuan Lupus Sumatera Selatan, Tenaga Kerja Kesehatan Kota Palembang, dan ODAPUS (Orang dengan Lupus)

Pemerintah melalui kementerian kesehatan dan dinas kesehatan provinsi sumatera selatan, dalam hal ini menyampaikan:

1. Menyambut positif dan sangat memberikan dukungan terhadap kegiatan yang memberikan dukungan langsung kepada odapus seperti ini. Hal ini juga secara langsung merupakan sarana sosialisasi yang baik agar odapus, keluarga dan tenaga kesehatan yang bertanggung jawab dengan penanganan odapus dapat betul-betul terlibat dalam peningkatan kualitas hidup odapus melalui deteksi dini dan upaya preventif untuk mencegah komplikasi serius dari lupus.

2. Terbentuknya komunitas ini dengan berbagai program yang secara langsung melibatkan odapus, merupakan bagian dari support health system yang telah ada seiring dengan program pemerintah khususnya kementerian kesehatan, serta penting bagi odapus baik yang baru terdiagnosa maupun yang sedang menjalani pengobatan dan tengah berjuang untuk memperoleh remisi dan menghiindari flare up dengan dukungan support group yang dapat sangat memotivasi dan meningkatkan daya tahan maupun adaptasi (resiliensi) odapus. Bahkan ke depan, perkembangan dukungan ini, seharusnya juga seiring dengan bertambahnya jumlah volunteer dari berbagai elemen masyarakat yang dapat terlibat dalam upaya sosialisasi bagi masyarakat agar lebih aware terhadap odapus. Dan ini sejalan dengan “your awereness save life”

3. Kegiatan ini serta komunikasi yang telah terjalin baik dengan komunitas lupus khususnya yang ada di sumatera selatan, selanjutnya akan menjadi masukan penting bagi pemerintah, agar dapat mengupayakan pengembangan program yang juga mencakup masalah kesehatan berupa lupus. Lupus harus dipahami sebagai bagian dari perkembangan masalah kesehatan yang perlu diantisipasi dan diperhatikan secara serius oleh pemerintah.

Dengan adanya kegiatan ini, dapat terus dikembangkan di waktu yang akan datang serta memberikan manfaat agar ODAPUS selalu sehat dan semangat, harap Lesty.