Medical dan Anti Doping Sangat Layak dan Siap Untuk AG18

0
12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Semua elemen dinkes sudah bekerja seoptimal mungkin. Ini dilakukan merupakan persiapan dalam Asian Games 2018 (AG18) mendatang untuk dilakukan sebagai evaluasi, apa saja yang kurang, apa saja yang perlu ditambahkan di dalam perencanaan AG18. Pada testimoni Dra. Lesty Nurainy, Apt.,M.Kes selaku ketua medical dan anti doping dalam kesempatan wawancara di Lapangan Venue Shooting Range menyampaikan, “Kita semua bekerja dengan penuh tanggung jawab dan kita berusaha berkomunikasi terus melalui What App Grup sehingga itu mempercepat sistem komunikasi kita”. Lanjut lagi Lesty menekankan “Yang Jelas Tim Medical semuanya sudah bekerja dengan baik mempersiapkan pelayanan kesehatan mulai dari Bandara (Kantor Kesehatan Pelabuhan/KKP), Kemudian di seluruh tempat penginapan atlet, di tempat pertandingan dan juga di tempat-tempat lain yang diperlukan. Begitu juga Doping Control yang sudah kita persiapkan dan berpengalaman sejak PON Tahun 2004 yang lalu kita mengirimkan 20 sampel ke laboraturium yang terakreditasi WADA yaitu di Thailand NTCC (Northeast Texas Community College’s) Laboratoriumm dan mereka

bekerja sesuai dengan aturan WADA”. Diakhir testimoni, Lesty menyampaikan ucapan khusus kepada elemen-elemen kesehatan yang telah membantu diantaranya “KKP, RS Rujukan (Charitas, Siloam, RSMH, Bari dan Kesdam serta Khadijah) mereka semua membantu dengan sigap, begitu juga Ambulance-ambulance juga bekerjasama dengan berbagai pihak karena kalau hanya ambulance Dinkes tentunya tidak mencukupi sehingga untuk AG18 kita memerlukan Ambulance yang lebih banyak lagi dan tentunya sesuai dengan standar internasional OCA. Begitu juga dengan Basarnas, Balai Besar Laboraturium Kesehatan, BPPOM – Food Security yang tentunya selalui kita lakukan dengan baik setiap makanan yang kita santap yang kesemuanya diperiksa sesuai standar, Dinkes Kota Palembang yang banyak terlibat terutama dengan persiapan pengamanan lingkungan dengan melakukan foging di shooting range venue, wisma atlet dan terakhir kepada Danlanal (Komandan Pangkalan Angkatan Laut) yang telah bekerjasama dengan kita.

Senada dengan yang disampaikan Bpk. Mark Sungkar Selaku Presiden ASTC 2017 mengatakan “Secara jujur yang paling siap dari seluruh even ini adalah Tim Medical. Bukan hanya kesiapan anti dopingnya saja, tetapi juga keseluruhan. Baik kesiapan tim ambulance nya maupun seluruh tim medis, bahkan dari beberapa teman ASTC memberikan pujian dan saya setuju, you are the best” kata Mark. Selanjutnya “kalau untuk kesiapan dan kesigapan sudah layak untuk Asian Games, bukan hanya test event, dan kalau bisa tim nya jangan diganti, karena kalau diganti, orang baru lagi maka harus belajar baru karena kesulitan apa saja mereka sudah punya catatan dan evaluasi. Saran kedepan untuk laporan dalam waktu satu jam saja pimpinan sudah bisa What App saya dengan lengkap”. Jelasnya. Dihari terkahir even dihadiri oleh Bapak Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin dan Ibu Eliza Alex bersama rombongan dari pemerintah provinsi beserta jajarannya melakukan evaluasi terhadap hasil test even secara keseluruhan.