Dua Sekolah di Sumsel Raih Penghargaan Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2017

0
74

Provinsi Sumsel kembali mendulang prestasi di bidang kesehatan. Lomba sekolah sehat tingkat nasional tahun 2017 diperoleh oleh sumsel. SMA Negeri 1 Palembang meraih juara 1 tingkat nasional untuk kategori Best Performance dan SD Negeri 1 Timbul Harjo Kab OKI (Ogan Komering Ilir) Juara 3 tingkat Sekolah Dasar kategori Best Achievement.

Pada awalnya tim pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas kesehatan Provinsi Sumatera Selatan telah melakukan berbagai upaya pembinaan kesehatan dalam bidang UKS kepada Dinkes kab/kota dan puskesmas di seluruh Provinsi sumsel. UKS diharapkan menjadi program prioritas di Provinsi Sumsel dengan mengedepankan trias UKS yaitu pendidikan kesehatan,  pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah yang sehat.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tahun 2017 ini provinsi sumsel mengusulkan 4 sekolah yaitu di tingkat Tk : TK Az zahra kota palembang, SD : SD N 1 Timbul Harjo kab OKI,  SMP : SMP N 6 prabumulih,  dan SMA : SMA N 1 Palembang.  Penilaian dilakukan oleh Tim pusat pada bulan Mei 2017 dan dilakukan verifikasi ulang pada bulan Juli 2017. Pemenang diambil berdasarkan 2 kategori yaitu best performance (kinerja terbaik)  dan best achievement (pencapaian terbaik).

Penyerahan hadiah kepada kedua sekolah tersebut didampingi pejabat dari Provinsi Sumsel yaitu Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumsel Drs. H. Ahmad Najib, SH., M.Hum. yang mewakili Gubernur Sumsel,  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Dra. Lesty Nurainy, Apt.,M.Kes. mewakili Tim Pembina UKS Provinsi Sumatera Selatan , Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan , Kabid Kesmas Dinkes Provinsi Sumsel Fery Fahrizal, SKM.,MKM. juga turut mendampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Palembang Drs. K. Sulaiman Amin, Kadinkes Kota Palembang, Kabag Kesra dan Kabid Kesmas Kota Palembang.  Kab OKI diwakili Kabag Kesra kab OKI oleh Drs.  Riswandi,  Kadinkes Kab. OkI H. M.  Lubis.

Selain sekolah yang mendapatkan hadiah, Puskesmas Padang Selasa Kota Palembang dan Puskesmas Air Sugian Jalur 27 kabupaten OKI, TP UKS Provinsi dan TP UKS Kota Palembang yang membina sekolah tersebut juga diberi plakat dan piagam penghargaan dari Menteri Kesehatan.

Pemberian hadiah dilakukan oleh menteri kesehatan Prof. Dr. Nila F Moeloek pada jumat 18 Agustus 2017 di Hotel Kartika Chandra Jakarta Selatan,  dengan dihadiri oleh dirjen dari 4 kementerian yaitu kemenkes,  Kemendikbud,  Kemendagri,  dan Kemenag. UKS merupakan program dari empat Kementerian tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Kadinkes Provinsi Sumatera Selatan Dra. Lesty Nurainy, Apt.,M.Kes. menyampaikan harapan, “Semoga keberhasilan SMA Negeri 1 Palembang dan SD N 1 Timbul Harjo kab. OKI dalam lomba sekolah sehat tingkat nasional ini menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lain untuk menerapkan Trias UKS dalam kehidupan di sekolah maupun sehari-hari di rumah”

Lesty juga menegaskan “Puskesmas mempunyai peran penting dalam pembinaan kesehatan yang mengintervensi secara tuntas permasalahan kesehatan pada peserta didik di sekolah. Diharapkan program ini akan dapat mempercepat tercapainya indonesia sehat melalui pendekatan keluarga karena 35% penduduk Indonesia adalah anak usia sekolah” . Beliau juga mengajak,” Mari bersama kita implementasikan Salam UKS!!!…. Sehat itu dimulai dari SAYA…!!!”.