Nakes Sumsel Kembali Torehkan Prestasi Tingkat Nasional

0
100

Mengikuti jejak kesuksesan di tahun-tahun sebelumnya, drg. Sriwidiastuti menorehkan prestasi dengan menjadi peringkat 2 nasional kategori dokter gigi dalam Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas. Melalui program inovasinya Mencintai Gigi Sehat Sejak Dini Melalui Dongeng, dokter gigi ramah yang biasa disapa dokter tuti kembali mengharumkan nama Sumatera Selatan di tingkat nasional. Beliau juga merupakan salah satu dari 14 nakes teladan perwakilan seluruh provinsi di indonesia yang diundang menghadiri jamuan makan siang bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jumat 18 Agustus 2017.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan mengirimkan perwakilan terbaiknya mengikuti ajang Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas tingkat nasional. Ditahun ini Dinkes Provinsi Sumsel mengirimkan para teladannya dalam 7 kategori yaitu dokter, dokter gigi, perawat, bidan, gizi/nutrisionis, tenaga kesehatan masyarakat dan sanitarian.

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Dra Lesty Nuraini Apt., M.Kes, Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan menggunakan Permenkes No. 23 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pemberian Penghargaan bagi Tenaga Kesehatan Teladan di Pusat Kesehatan Masyarakat, kali ini telah berlangsung sejak awal tahun 2017 ditingkat kabupaten/kota dan tes tertulis serta wawancara tingkat

 

Provinsi pada bulan April. Kemudian dilakukan penilaian lapangan ke lokasi kerja masing-masing nominator kategori yang dilanjutkan penilaian penampilan pada saat menyampaikan paparan program inovasinya, yang bertujuan memperoleh nakes terbaik yang mempunyai sikap nasionalis, etis dan profesional, memiliki semangat pengabdian yang tinggi, berdisiplin, kreatif, berilmu, terampil, berbudi luhur serta dapat memegang teguh etika profesi.

Mengutip keterangan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr. Widya Anggraini, MARS, bahwa setalah melalui seleksi ketat secara berjenjang tersebut, terpilihlah 7 nakes terbaik yang mewakili Sumsel yaitu dr. Asri Wijayanti (OKI), drg. Sriwidiastuti (Prabumulih), Rasmita Christia Skep. Ners (OI), Herliana AMKeb (OKI), Meisawati, AMG (MUBA), Susmiati SKM, Mkes (OKI), Yuli Astuti AmKL (MURA). Masing-masing nakes itu terpilih dengan program inovasi yang mereka rintis sesuai dengan permasalahan kesehatan yang dihadapi di wilayah kerjanya. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan status kesehatan masyarakat seraya tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.