Workshop Enumerator (Training Center) Riset Ketenagaan di Bidang Kesehatan (Risnakes) 2017 Provinsi Sumatera Selatan

0
101

 

 

 

 

 

 

 

 

Riset ketenagaan dibidang kesehatan (Risnakes) 2017 diharapkan mampu menjawab kebutuhan dan dapat memberikan informasi memadai untuk penajaman, perencanaan, rekruitmen, dan distribusi ketenagaan kesehatan. Riset ini akan mengumpulkan informasi mengenai SDM Kesehatan di seluruh rumah sakit (Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta) dan puskesmas di seluruh kabupaten/kota di 34 Provinsi.

Kemampuan tenaga pengumpul data (enumerator) dalam menggali informasi merupakan hal penting. Penyamaan pemahaman tentang konsep Risnakes dan

instrumen (berupa kuisioner dan pedoman) dalam pengumpulan data perlu dilakukan, agar enumerator yang diterjunkan dapat menyediakan data yang bermutu dan berkualitas baik dari mulai proses pengumpulan data hingga diserahkan ke Badan Litbang Kementrian Kesehatan untuk di olah dan analisis.

Terkait hal tersebut enumerator akan dilatih untuk memahami instrumen pengumpulan data oleh penanggung jawab teknis (PJT) Provinsi dan Kabupaten/Kota. Risnakes 2017 merupakan lanjutan dari Riset Fasilitas Kesehatan (Rifaskes) sebelumnya. Hasil Rifaskes tahun 2011 menunjukkan masih banyaknya puskesmas yang tidak memiliki tenaga dokter, dokter gigi, perawat, bidan, kesehatan masyarakat, kesehatan

lingkugan, kefarmasian, gizi dan sebagainya. Kondisi serupa terjadi di rumah sakit, yang mana tidak semua RS umum pemerintah memiliki tenaga kesehatan spesialis. Studi tersebut juga menunjukkan kesenjangan yang lebar dalam hal ketenagaan antar wilayah Indonesia. Hal itu pun belum dapat memberikan gambaran dalam hal kualitas tenaga kesehatan dan responsivitas.

Workshop Enumerator/Training Center yang diselenggarakan di 7 Wilayah dengan peserta yaitu Prov. Sumatera Utara 470 Peserta, Sumatera Selatan 244 Peserta, Bengkulu 120 Peserta, Lampung 222 Peserta, Jawa Barat 655 Peserta,

Banten l190 Peserta dan Maluku 155 Peserta dengan jadwal pelaksanaan yang berbeda-beda. Kegiatan ini dilaksanakan Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel bersama Balitbang lKemkes RI pada tanggal 7 – 12 Agustus 2017 di Hotel Horison Ultima menggunakan metode pemaparan dari narasumber, tanya jawab dan diskusi, praktek lapangan, dan praktek entri data.

Peserta yang mengikuti Workshop Enumerator / Training Center terdiri dari Perwakilan Korwil II, PJT Provinsi, PJT Kabupaten/Kota, Tim Teknis Pusat, Tim Manajemen, PJO Provinsi, PJO Kabupaten/kota, SAL Provinsi, PJAL Provinsi, PJAL Kabupaten/Kota, Enumerator / Tenaga Pengumpulan Data, Tim Pengadaan Pusat dan Panitia Lokal. (em/dn/kk)