Divisi Medical Turut Sukseskan Test Event Asia Pasific Beach Volleyball Tournament 2017, The 6th South Sumatera Governor Cup

0
340

Gubernur Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin menyampaikan sambutannya dengan hangat kepada seluruh hadirin yang antusias pada Test Event Asia Pasific Beach Volleyball Tournament 2017 , The 6th South Sumatera Governor Cup. Berlangsung di Venue Beach Volleyball, Bidang Kesehatan, sejak awal persiapan di lapangan tanggal 16 Agustus 2017, Pembukaan Opening Ceremony tanggal 19 Oktober 2017, Proses penyelenggaraan berlangsung hingga di akhir event, Divisi Medical mengerahkan 51 Tenaga Kesehatan yang terdiri dari Sekretariat Bidang Kesehatan, Dokter Umum, Dokter Spesialis, Perawat, Sport Meassure, Sopir Ambulance, Petugas Pengawasan Makanan dan Minuman (Food Security) dan Paramedis serta MoU dengan Rumah Sakit Rujukan lengkap dengan penyediaan Mobil Ambulance.

Seperti pada test event sebelumnya bidang pelayanan kesehatan ditempatkan pada titik venue dan penginapan. Pelayanan Medical Room di Hotel Daira tempat menginap para atlet dioperasionalkan selama 24 jam. Sedangkan untuk Sarana Prasarana kesehatan ditempatkan di venue beach volleyball, Medical Room ditempatkan di Bandara, Hotel dan Venue, Untuk Medical Tent di Venue, Sport Meassure bertempat di dalam Hotel Daira – pintu utama dan kawasan Venue Beach Volleyball serta Bak Es Atlet di Medical Tent Venue. Sarpras yang ditempatkan di Hotel beroperasional selama 24 jam sedangkan di Venue Beach Volleyball dioperasionalkan selama pertandingan berlangsung.

Gallery Petugas Lapangan sedang menangani pasien di Lapangan ==>

Petugas Ambulance dan massa menangani pasien untuk dirujuk

 

 

Petugas melayani pasien di Medical Room Hotel Daira

<< = >>

 

 

 

 

Gallery Medical Room Venue Beach Volleyball

<< = >>

 

 

Mengangkut atlet/pasien ke Mobil Ambulance dan

Memberikan suntik kepada pasien di Medical Room

 

 

Melakukan penanganan terhadap atlet yang cedera

 

 

 

 

Melakukan Tensi terhadap pasien

 

 

 

 

 

 

 

 

Laporan Rekam Medik pasien terdapat 31 orang dengan 36 kali kunjungan. Sedangkan untuk rujukan terdapat satu orang pasien yang dirujuk ke RSK. Charitas Palembang dan telah ditanggulangi dengan baik hingga pulih kembali.

<<== Gallery

Paramedis, Meassure dan Farmakmin bersama-sama mengerjakan tugas medis sesuai tupoksi masing-masing

 

Persiapan dan Restock obat dan barang di lakukan oleh farmasi yang bekerjasama dengan perawat

 

Petugas membereskan perlengkapan medis

<==

Petugas Kesehatan, Standby di Lapangan saat pertandingan ==>

 

Tim Umum Perlengkapan dan Perbekalan Alat Kesehatan bekerjasama menginvetaris barang

 

 

 

 

 

 

 

 

Laporan dari Food Security (Pengawsan makanan dan minuman) terhadap seorang atlet yang mengalami Gastroentritis bukan disebabkan oleh faktor makanan dan minuman yang ada di hotel daira karena dari sekian banyak atlit yang makan dan menginap di hotel tersebut tidak ada yang mengalami kejadian yang sama. Untuk menyatakan terjadinya kejadian luar biasa (klb) keracunan makanan niminal ada 2 (dua) orang atau lebih yang makan dan juga mengalami gejala medis yang sama atau hampir sama. Bahwa atlit membawa makanan dan minuman yang dibeli dari luar hotel.

Bersama Dispora Prov. Sumsel, melakukan evaluasi dan monitor terhadap operasional Sarana dan Prasarana

 

 

 

Medical Bandara (Kantor Kesehatan Pelabuhan /KKP)

 

Dalam penutupan/closing event, mewakili Gubernur Sumsel, Bapak Asisten Gubernur Bidang Kesra, Bpk. Ahmad Najib diakhir penyampaian mengucapkan rasa terima kasih kepada delegasi yang telah berpartisipasi pada event ini dan berharap dapat bertemu kembali pada Asian Games 2018 kurang dari 300 hari kedepan.