Kemenkes, TNI, Dan Perdami Kerjasama Adakan Operasi Katarak

1
18

Palembang, 26 November 2017.
Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan dr. Untung Suseno Sutarjo memantau pelaksanaan operasi katarak di rumah sakit AK Gani di Palembang (26/11).

Operasi ini merupakan rangkaian kegiatan upaya percepatan eliminasi kebutaan akibat katarak di Indonesia. Kegiatan ini terlaksana atas bekerjasama antara kemenkes dengan Puskes TNI yang melibatkan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami).


Kerjasama ini didahului dengan MOU antara Kemenkes dengan TNI tentang layanan kesehatan dan penanggulangan penyakit. Kerjasama dimaksudkan dalam rangka pengendalian kebutaan akibat katarak dan mengatasi blacklog kasus katarak di Indonesia.

Indonesia guna mewujudkan Vision 2020. Upaya ini meliputi pembekalan petugas lapangan yaitu  Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan petugas puskesmas untuk melakukan skrining katarak di masyarakat dan puskesmas, kemudian skrining katarak di rumah sakit tentara oleh dokter spesialis mata, operasi katarak, dan follow up pasca operasi hari ke-1 dan ke-7.
Di Sumatera Selatan kegiatan ini dilaksanakan di Palembang, pasien operasi katarak berasal dari seluruh Kabupaten Kota Se Sumatera Selatan. Babinsa bertugas mengumpulkan pasien kemudian diskrining oleh Perdami Cabang Sumsel. Dari 513 jumlah pasien yang terdaftar untuk ikut operasi katarak hanya 135 yang lolos skrining.

Kementerian Kesehatan bersama dengan Pusat Kesehatan TNI melakukan kerjasama meliputi pembekalan petugas Babinsa dan Puskesmas untuk melakukan skrining katarak di masyarakat. Tercatat 8 provinsi dan 25 kabupaten kota. Sementara operasi dilakukan di rumah sakit yang ditunjuk Puskes TNI dengan sasaran 9000 operasi. (fa/kh/hn).

1 KOMENTAR

  1. Assalammualaikum.. Bapak/ibu mohon konfirmasinya kira2 kapan pengumuman seleksi rsud prov sumsel pak/bu.. Terima kasih sebelumnya 🙏

Comments are closed.