Sulit Berhenti Merokok? Kunjungi Klinik Berhenti Merokok RSK. Paru Provinsi Sumsel

0
9

Semua orang tahu bahwa merokok banyak menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh. iklan tentang bahaya merokok begitu gencar dilakukan dimana-mana. tetapi di data WHO (World Health Organization) indonesia masih tercatat sebagai salah satu pengkonsumsi rokok terbesar di dunia. Berbagai penyakit sebagai akibat langsung dari merokok juga meningkat tajam. Salah satunya adalah penyakit PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik), penyakit tumor pernafasan dan lain-lain.

Kebiasaan merokok saat ini bahkan mulai menjangkiti usia muda mulai anak pra sekolah, anak dan remaja.
Permasalahan untuk bisa berhenti merokok tidak hanya masalah pengaruh nya bagi kesehatan tetapi juga efek adiktif (ketagihan) nikotin yg perlu ditangani khusus. demikian disampaikan Kepala RS Khusus Paru Provinsi Sumsel, dr Asep Zainuddin,Sp.PK.

Atas dasar tersebut RS Khusus Paru Provinsi Sumsel membuat layanan baru bagi masyarakat sumsel yaitu klinik berhenti merokok. Terobosan ini mendukung salah satu program pemerintah yaitu GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang salah satunya adalah upaya berhenti merokok. Ada kenyataan di tengah masyarakat bahwa Banyak para perokok yg sudah mau berhenti merokok tetapi kesulitan utk melakukannya. Disinilah klinik berhenti merokok hadir membantunya memberikan pemahaman yg benar tentang dampak merokok, memotivasi untuk berhenti merokok, memeriksa kondisi fisik sebagai akibat langsung dari merokok dan memberikan penanganan / pengobatan yg perlu dilakukan.

Klinik ini buka tiap hari senin-jumat jam kerja. Pasien yang berobat ke klinik ini bisa pasien mandiri yang datang atas keinginan sendiri atau rujukan dari Klinik, Puskesmas, Rumah Sakit lainnya di wilayah sumatera selatan dan sekitarnya.

Gallery Kegiatan | Klinik RSK. Paru Provinsi Sumsel
Tema : “Paru Sehat, Hidup Jadi Berkualitas”


Salah satu pemeriksaan di klinik berhenti merokok adalah Spirometri. Disamping itu ada juga pemeriksa kadar gas co di paru-paru, pemeriksaan laboratorium, rontgen dan lain lain dimana pemeriksaan sesuai kondisi kesehatan pasien.


Setiap kontrol ulang di klinik berhenti merokok selalu dipantau perkembangan kesehatan parunya untuk menilai perkembangan bertahap setelah berhenti merokok.


Penyuluhan bahaya merokok di Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel