Tingkatkan Kemampuan Teknis Pendamping Akreditasi Laboratorium Kesehatan di Tahun 2018

0
13

Laboratorium kesehatan sebagai bagian penting dari suatu sistem kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dalam penyelenggaraan Loboratorium kesehatan, sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan harus diselenggarakan secara bermutu, merata dan terjangkau, sangat diperlukan untuk mendukung pelayanan laboratorium kesehatan yang baik.

Laboratorium kesehatan yang merupakan sarana kesehatan yang melaksanakan pengukuran, penetapan dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat. (Kemenkes RI No. 364/MENKES/SK/III/2003)

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Dra. Lesty Nurainy, Apt., M.Kes menjelaskan , besarnya peranan laboratorium kesehatan dalam menyukseskan pembangunan di bidang kesehatan menuntut laboratorium kesehatan dapat melakukan pengujian sesuai dengan metode standar tertentu dengan manajemen mutu dan cara laboratorium yang baik sehingga hasil pengujian yang dikeluarkan valid dan handal. Lebih lanjut Lesty menilai, Indikator kemampuan laboratorium dapat melakukan pengujian tersebut adalah adanya pengakuan formal dari lembaga tertentu yang berwenang, dikenal dengan nama akreditasi laboratorium. Untuk menjamin bahwa perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan di Laboratorium Kesehatan maka perlu dilakukan penilaian oleh pihak eksternal dan menggunakan standar yang ditetapkan yaitu melalui mekanisme akreditasi. Kata Lesty di Ballroom Horison, Palembang, Senin (19/3/2018)

Dalam rangka menjamin mutu laboratorium kesehatan perlu dilakukan penilaian terhadap laboratorium kesehatan secara berkala melalui mekanisme akreditasi yang dilaksanakan oleh Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan (Kemenkes RI No. 1435/MENKES/SK/VII/2011).

Dalam proses akreditasi laboratorium kesehatan terdapat salah satu tahap yang dilakukan untuk memfasilitasi dan membina laboratorium kesehatan sebagai upaya mempersiapkan diri menuju akreditasi yang disebut dengan tahap pendampingan. Pelaksanaan pendampingan oleh tim pendamping akreditasi laboratorium kesehatan. Untuk kepentingan tersebut diperlukan pembinaan pendamping akreditasi laboratorium kesehatan melalui peningkatan kemampuan teknis.