Empat Sekolah di Kota Palembang Wakili Prov. Sumsel Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional Tahun 2018

0
15

Lomba Sekolah Sehat (LSS) dilakasanakan setiap tahun dimulai tingkat Kab/Kota, Provinsi sampai Tingkat Nasional. Sebagai bagian dari upaya melaksanakan Standar Peyanan Minimal (SPM) bidang kesehatan, serta untuk meningkatkan motivasi pembinaan dan pelaksanaan usaha kesehatan sekolah/madrasah (UKS/M) yang tercermin dalam tiga program pokok UKS/M atau disebut Trias UKS/M.

Trias UKS/M sebagai pedoman pelaksanaan program UKS/M, terdiri dari tiga bagian yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan lingkungan sekolah sehat. UKS/M, merupakan wadah berbagai program (kesehatan reproduksi, gizi, pengendalian penyakit, dan penyehatan lingkungan) untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik sedini mungkin , yang dilakukan secara terpadu berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri. Untuk melaksanakan tugas pembinaan dan pengembangan UKS/M secara terpadu dan terkoordinasi, maka di bentuk Tim Pembina UKS/M (TP UKS/M), pada setiap jenjang Pemerintahan yaitu : TP UKS Pusat, TP UKS Provinsi, TP UKS Kab/Kota, dan TP UKS Kecamatan. Sedangkan di sekolah dinamakan Tim Pelaksana UKS.

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Selatan nomor : 691/KPTS/Dinkes/2017 , tanggal 1 November 2017 ditetapkan pemenang Lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2017 pada empat jenjang pendidikan yaitu : TK Pusri Palembang (TP UKS/M Kec.Kalidoni), SD Islam AZ-Zahra Palembang (TP UKS/M Kec.Ilir Barat I), SMP Negeri 9 Palembang (TP UKS/M Kemuning), SMA Negeri 3 Palembang (TP UKS/M Kemuning), TP UKS/M Kota Palembang dan TP UKS/M Provinsi Sumatera Selatan.

Berdasarkan surat dari Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor : 3464/D/TU/2018 tanggal 3 Mei 2018 tentang pelaksanaan penilaian LSS tingkat nasional tahun 2018, maka pada tanggal 23 sampai 25 Juli 2018, Tim penilai dari Kemdikbud, Dit Kesga Kemkes, Dit.KSKK Kemenag, Dit.Pem.SMP, Dit.Pem.SMA, dan Ditjen Bina Bangda Kemdagri melakukan penilaian di empat sekolah yang terpilih sebagai pemenang LSS Tingkat Prov.Sumsel tahun 2017.

Tim penilai melakukan penilaian di SMAN 3 Palembang, SMPN 9 Palembang dan TP UKS/M Kemuning pada tanggal 23 Juli 2018, penilaian di TK Pusri dan TP UKS/M Kalidoni dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2018, serta di SD Islam Az=Zahra  dan TP UKS/M Kec.Ilir Barat I penilaian dilakukan pada tanggal 25 Juli 2018.

Penilaian sekolah sehat terbagi menjadi dua kategori yang dilombakan yaitu kategori best performance dan best achievement. Penilaian berdasarkan kategori best performance ditekankan pada komitmen dan upaya pengembangan pelaksanaan UKS/M yang dilakukan TP UKS/M PROV/KAB.KOTA/KEC, dan sekolah. Sedangkan penilaian berdasarkan kategori best achievement dinilai berdasarkan kondisi sarana dan prasarana sekolah yang memenuhi persyaratan kesehatan dan pengetahuan sikap peserta didik terhadap penerapan kesehatan yang dianjurkan. Upaya menyehatkan anak-anak usia sekolah akan melahirkan generasi bangsa yang unggul dan cemerlang.