Antisipasi dan Penanganan Penyakit Pada Jemaah Haji di Musim Panas

0
13

Guna mengedukasi calon petugas kesehatan haji di Prov.Sumsel tahun 2019 M/1440 H, Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) menggelar simposium sehari “Antisipasi dan Penanganan Penyakit Pada Jemaah Haji di Musim Panas” Sabtu, 13 Oktober 2018 bertempat di Rumah Sakit Khusus Mata Masyarakat Prov.Sumsel, Jalan Kolonel H.Burlian KM,5 Palembang. Periode haji tahun ini bersamaan dengan musim panas di Arab Saudi sehingga sa

ngat penting untuk memberikan edukasi terkait apa yang harus mereka lakukan untuk mencegah kesakitan yang diakibatkan oleh cuaca panas.

Ketua panitia simposium AKHI Daerah Sumsel : dr.Hj.Fenty Aprina, M.Kes dalam sambutannya mengatakan ,”perlunya berhaji sehat bagi setiap orang yang akan melaksanakan ibadah haji , khususnya tentang

isthita’ah (mampu) dalam berhaji, bukan hanya isthita’ah secara materi tetapi juga isthita’ah kesehatan sesuai permenkes nomor 15 tahun 2016.

Simposium ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Prov.Sumsel ; dr.H.Trisnawarman,M.Kes. Kepada peserta simposium ini beliau mengharapkan agar seluruh peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian materi yang diberikan oleh narasumber sehingga menjadi bekal bagi petugas untuk dapat melaksanakan penyelenggaraan jemaah haji dengan semaksimal mungkin dan dapat proaktif serta berbagi pengalaman dengan petugas dari Dinkes Kab/Kota yang lain.