Cerdas Dalam Menggunakan Alkes dan PKRT

0
16

Salah satu wawasan kesehatan yang diperlukan dalam upaya pembangunan kesehatan adalah wawasan mengenai keamanan dan mutu produk alat kesehatan (Alkes) dan Perbekalan Kesehatan RumahTangga (PKRT) yang beredar di masyarakat.

Peran Pemerintah dalam menjamin keamanan dan mutu produk Alkes dan PKRT diimplementasikan dalam ketentuan adanya izin edar Alkes dan PKRT sesuai Peraturan Menteri Kesehatan R.I Nomor 1190/Menkes/Per/VII/2010.

Kadinkes Prov. Sumsel melalui Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Drs. Muhammad Rizal, Apt mengatakan ” Selain pemerintah,

masyarakat juga harus berperan aktif dalam pengendalian keamanan dan mutu produk alkes dan PKRT yang beredar. Tanpa adanya keterlibatan dari kedua belah pihak (Pemerintah dan Masyarakat), maka pengendalian tersebut sulit tercapai”. Hal itu disampaiakan saat workshop komunikasi, informasi, edukasi (KIE) keamanan dan mutu produk alkes dan PKRT kepala masyarakat di Desa Muara Sungai Kota Prabumulih, Rabu 10 Oktober 2018.

Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Prov. Sumsel Seksi Alkes bekerjasama dengan Direktorat Penilaian Alkes dan PKRT Kementerian Kesehatan RI.

Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap keamanan dan mutu produk Alkes dan PKRT dengan mengetahui cara menggunakan Alkes dan PKRT yang baik.