Meriahkan HKN ke 54 di TPKS Bersama Masyarakat

0
12
Pengalungan Bunga Selamat Datang Menhub dan Gubernur Sumsel di TPKS

Suasana di Kawasan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) Kelurahan Karang Anyar, Kec.Gandus, Palembang, Sabtu (17/11/2018) terasa lain dari biasanya. Lebih kurang 2000 orang telah berkumpul di TPKS dengan tujuan yang sama yakni menjadikan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tahunnya menjadi momentum untuk menggaungkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) kepada masyarakat agar dapat melakukan perilaku hidup sehat untuk mencegah berbagai ancaman penyakit.

Tema  HKN ke 54 tahun ini adalah  :Aku Cinta Sehat” dengan Sub Tema “ Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”, tema ini sejalan dengan program GERMAS yang menekankan kesadaran tiap individu untuk berperilaku hidup sehat.

Stan Yankes
Stand RS Ernaldi Bahar bersama Bapak Gubernur

Gubernur Sumsel H.Herman Deru dalam sambutannya mengatakan “Pelayanan kesehatan harus lebih diperhatikan terutama dalam melayani pasien yang berobat”. Hal yang paling penting dalam peringatan HKN ini Gubernur menekankan tahun 2019 agar posyandu harus menjadi garda terdepan untuk membantu menyehatkan masyarakat di Sumsel.

Stand RSUD Siti Fatimah Prov. Sumsel
Stand RSUD Siti Fatimah Prov. Sumsel

Kegiatan Peringatan HKN ke 54 ini diisi dengan Pengalungan Selamat Datang rombongan Menhub dan Gubernur Sumsel diiringi dengan rebana, Tari tanggai, band, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Penyampaian Laporan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Sambutan Bapak Gubernur Sumsel, Penayangan video GERMAS, Pemotongan nasi tumpeng hari ulang tahun bapak gubernur di hari perayaan HKN, Tarian Musik Gambus, dilanjutkan dengan kegiatan kunjungan di tenda-tenda antara lain pemeriksaan faktor risiko penyakit tidak menular, sosialisasi “isi  piringku”, posyandu, pelayanan kesehatan mata, gigi mulut dan cek kesehatan paru.

Foto Stan RSK Mata Provinsi Sumsel
Foto Stand RSK Mata Provinsi Sumsel

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nurainy dalam laporannya menyampaikan “Derajat kesehatan akan terwujud apabila semua komponen bangsa, organisasi masyarakat dan swasta ikut serta dalam upaya kesehatan serta dalam GERMAS tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif” jelasnya.

Stand P2P Stan bersama Bapak Gubernur H. Herman Deru
Stand P2P Stan bersama Bapak Gubernur H. Herman Deru
Stan RSK Gigi dan Mulut bersama Bapak Gubernur H. Herman Deru
Stand RSK Gigi dan Mulut bersama Bapak Gubernur H. Herman Deru
Stan LKTM
Stand LKTM