Peran Lintas Sektor Sangat Dibutuhkan Posyandu

0
11
Foto Bersama peserta POKJANAL POSYANDU Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018
Kepala Dinas Kesehatan Memberikan Sambutan Kepada Peserta.

Sebanyak 30 orang Peserta mengikuti Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu Tingkat Prov. Sumsel tahap II, Kamis, 29 November 2018 di Hotel The Zuri Jalan Radial Palembang. Hadir dalam rakor ini peserta dari berbagai lintas sektor antara lain BKP, Pertanian, BKKBN, Dinsos, Diknas, TP.PKK, Dinas Perdagangan Disdukcapil, Bappeda dan Biro Kesra Pemda Prov.Sumsel

Posyandu sebagai salah satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM). Keberadaan posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat, utamanya dalam peningkatkan status gizi balita, serta kesehatan ibu dan anak.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan menyimak dan menulis rencana kelompok kerja Posyandu di Sumatera Selatan

Ketua Panitia, Imam Subroto,SKM,M.Kes, dalam laporannya mengatakan rakor ini  digelar  untuk meningkatkan koordinasi antar tim pokjanal posyandu. Lanjut lagi Imam mengatakan ”ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini diantaranya: tersusunnya SK Pokjanal Posyandu Tk. Prov. Sumsel, sinkronisasi pengembangan pengintegrasian layanan sosial dasar melalui posyandu, sosialisasi perencanaan penganggaran dalam mendukung layanan sosial dasar di posyandu dan meningkatkan kualitas manajemen pokjanal posyandu di Sumsel.”

Hal senada disampaikan Kadinkes Prov. Sumsel Dra.Lesty Nurainy,Apt,M.Kes dalam sambutannya mengatakan “Posyandu saat ini mengalami pengembangan layanan sehingga sangat dibutuhkan koordinasi yang baik dari berbagai lintas sektor terkait. Jumlah posyandu harus dipetakan per kab/kota berdasarkan sisiran data yang valid, juga dilihat berdasarkan angka stunting, KIA, HIV, dan lain-lain”. kata Lesty. Rapat koordinasi ini merupakan salah satu upaya Dinas Kesehtan Provinsi Sumatera Selatan agar di tahun 2019 seluruh Posyandu di Sumatera Selatan dapat menjadi Garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.