“PKB” Atasi Kendala Akses Pelayanan Kesehatan di DTPK

0
13
Konseling Gizi Tenaga Medis Dengan Masyarakat Setempat.
Sosialisasi Tenaga Medis Terhadap Warga Tentang Kesehatan.
Dokter Mendengarkan Keluhan Yang Dialami Warga.

 

 

 

 

 

 

 

Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) terhadap akses pelayanan kesehatan di Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK), dilakukan karena terbentur pada situasi dan kondisi geografis yang sulit terjangkau, terbatasnya sarana dan prasarana kesehatan, serta ketersediaan dan kualitas SDM kesehatan yang rendah, karena itu upaya pelayanan kesehatan di DTPK perlu mendapat perhatian khusus.

Guna meningkatkan akses masyarakat di DTPK terhadap layanan kesehatan yang bermutu, Dinkes Prov.Sumsel melakukan “Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB)” di 3 Kabupaten yaitu Kab.Musi Rawas (Desa Mekar Jaya wilayah Puskesmas Sungai Bunut), Kab.Musi Rawas Utara (diRompok Batu Bertulis wilayah Puskesmas Muara Kulam), dan Kab.Banyuasin (Desa Mukut Laut Wilayah Puskesmas Karang Manunggal).

Pemeriksaan Kesehatan Dari Tenaga Medis.
Dokter Memberikan Penjelasan Tentang Kesehatan Dengan Warga.

 

 

 

 

 

 

 

Seksi Pelayanan Primer yang menjalankan Pelaksanaan PKB terdiri dari  kegiatan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM). Kegiatan UKP yaitu pemeriksaan kesehatan dan pengobatan, pelayanan KB, konseling pemberian makanan pada bayi dan anak (PMBA), dan Pemberian Makanan Tambahan/PMT. Sedangkan kegiatan UKM berupa penyuluhan GERMAS, kesehatan lingkungan, jamban sehat, dan pemanfaatan air bersih.

Selain itu juga, saat ditemui di ruang kerja tim seksi pelayanan primer, mereka telah melakukan Sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) sehingga masyarakat dapat menerima dengan baik tim Puskesmas yang melakukan kunjungan rumah. Selaku ketua tim, dr. Uke mengatakan “Melihat banyaknya kendala yang dihadapi, sangat diperlukan dukungan pemerintah daerah setempat dari sisi SDM, anggaran, pemberdayaan masyarakat dan inovasi sesuai kondisi wilayah” katanya.

Anak – Anak Menikmati Roti Yang Diberikan Tim Kesehatan.
Pemeriksaan Kondisi Kesehatan Anak Yang Dilakukan Tim Medis.
Pengarahan Dari Kepala Puskesmas Muara Kulam Kab. Muratara
Pembagian Roti MPASI Kepada Masyarakat

 

 

Kegiatan PKB di Puskesmas karang Manunggal Desa Mukut Kec. Selat Penuguan Kab. Banyuasin
Foto Bersama Tim Tenaga Medis Bersama Warga Desa Mukut Kab. Banyuasin
Tim DInkes Prov. Sumsel Bersama Tim dari Tim Dinkes Kab. Puskesmas Serta Masyarakat Setempat
Foto Bersama Warga Desa Mukut Kab. Banyuasin Dengan Tim Medis Dinkes Prov. Sumsel