Istitha’ah Bukan Untuk Menghambat Tapi Mempersiapkan Jemaah Haji

0
40
Duduk dibarisan nomor dua dari kiri, Kepala Seksi Rujukan, H. M. Ifan F, SKM,M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Dra. Lesty Nurainy, Apt.,M.Kes, dr, H. Melzan Dharmayuli, MHM, H. Fauzuddin, SKM.,M.Si. beserta para peserta pengelola haji Dinas Kesehatan Kabupaten Kota dan Pengelola Haji Kementerian Agama dari Kabupaten Kota di Sumsel saat orientasi pemeriksaan dan pembinaan masa tunggu di SISKOHAT Provinsi Sumsel. Hotel The Zuri Palembang, Selasa (25/6/2019).

Dinkes.sumselprov.go.id – Kepala Sub Program Pusat Kesehatan Haji Kemeterian Kesehatan RI, dr, H. Melzan Dharmayuli, MHM menjelaskan paparan tentang Istitha’ah yang pada prinsipnya Istitha’ah bukanlah sebagai penghambat tapi untuk mempersiapkan diri. Melzan mengatakan “isthitoah bukan menghambat tapi mempersiapkan dari segi kesehatan para jamaah yang akan berangkat haji”. kata Melzan di Pertemuan Orientasi Pemeriksaan dan Pembinaan Masa Tunggu di Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Kesehatan di Provinsi Sumatera Selatan, Hotel The Zuri Palembang (25/06/2019). Sebagaimana sering diketahui, dalam paparannya Melzan menjelaskan “Istitha’ah adalah kemampuan jemaah haji dari aspek kesehatan yang meliputi fisik dan mental yang terukur dengan pemeriksaan yang dapat dipertanggungjawabkan sehingga jemaah haji dapat menjalankan ibadah haji sesuai tuntunan agama islam saat menjelaskan kepada hadirin peserta Pengelola haji Kabupaten Kota dan Kementerian Agama dari Kabupaten Kota.

Acara Orientasi Pemeriksaan dan Pembinaan Masa Kesehatan Jemaah Haji ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Dra. Lesty Nurainy, Apt, M.Kes. yang berpesan agar mengetahui hambatan-hambatan yang ada. Lesty menekankan “Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mengetahui informasi data mengenai pendataan kesehatan haji yang ada di Kabupaten Kota Se Sumatera Selatan sehingga dapat diketahui hambatan-hambatanyang ada sebagai bahan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pengendalian kegiatan selanjutnya”.