Sumsel Menerapkan Aplikasi e-PPGBM dalam Surveilans Gizi

0
37
Kepala Dinas Prov. Sumsel, Lesty Nurainy Apt. M.Kes didampingi Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Fery Fahrizal SKM, M.KM (kanan) dan dr. Hemalia M.Kes (kiri) saat memberikan sambutan di hotel the excelton, 19 Juni 2019.

Dinkes.sumselprov.go.id, The Excelton Hotel Palembang, Rabu,19 Juni,2019. Aplikasi Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) merupakan aplikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mengakuratkan pendataan dan pelaporan gizi di posyandu, puskesmas sebagai bentuk surveilans gizi online yang dapat dijangkau langsung oleh Kabupaten/kota, Provinsi dan Pusat.

“Peningkatkan kapasitas SDM dalam meng-entry data melalui aplikasi e-PPGBM memberikan indikasi perubahan pencapaian indikator kegiatan pembinaan gizi masyarakat”. Sambut Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sumsel, Lesty Nurainy Apt.M.Kes.

Lanjut lagi Lesty mengatakan kepada peserta petugas gizi dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas perwakilan dari 17 Kabupaten/kota bahwa “Prinsip dasar surveilans gizi yaitu tersedia data yang akurat dan tepat waktu, ada proses analisis atau kajian data, informasi yang sistematis dan terus menerus, ada proses penyebarluasan informasi, umpan balik dan pelaporan serta ada tindak lanjut sebagai respon terhadap perkembangan informasi”.