Tata Kelola Puskesmas Harus Sesuai Standar

0
46
Kepala Sub Direktorat Jenderal Mutu dan Akreditasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. H. Taufiq, MRM (duduk ketiga dari kiri), Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Dra. Lesty Nurainy, Apt.,M.Kes (duduk keempat dari kiri) beserta panitia lokakarya mutu dan akreditasi puskesmas bagi pengelola program di Kabupaten /kota Provinsi Sumatera Selatan tahun 2019, Horison Palembang, Rabu(26/6).

dinkes.sumselprov.go.id – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nurainy, Apt., M.Kes mendukung upaya Dinas Kesehatan Kabupaten Kota dalam pemenuhan standar tata kelola puskesmas. Lesty mengatakan “Pemenuhan Standar yang diharapkan pada instrumen akreditasi puskesmas dan perbaikan tata kelola yang meliputi Tatakelola manajemen institusi puskesmas, manajemen program (UKM, UKP), manajemen mutu dan manajemen keselamatan pasien” lanjut lagi lesty menekankan “Peningkatan mutu puskesmas dilakukan melalui akreditasi tetapi yang terpenting adalah implementasi /penerapannya dilaksanakan dengan melakukan inovasi-inovasi”. ungkap Lesty dalam pertemuan  Lokakarya Mutu dan Akreditasi Puskesmas bagi Pemegang Program di Dinas Kesehatan Kabupaten Kota di Hotel Horison Palembang, Rabu, (26/06/19).Kepala Seksi Fasyankes Mutu dan Akreditasi , Shela Oktarina, SKM,, MM. tak lupa menyampaikan laporannya bahwa Shella mengatakan “tujuan kegiatan lokakarya ini adalah agar mampu memahami kebijakan mutu dan akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), konsep dasar mutu dan akreditasi FKTP, Konsep Dasar Keselamatan Pasien dan manajemen risiko, konsep dasar audit internal dan tinjauan manajemen” ungkap shella di Podium Ballroom Horison Palembang(26/6/19).

Pada acara puncaknya Kepala Sub Direktorat Mutu dan Akreditasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. KM. H. Taufik, MRM. mengingatkan bahwa akreditasi itu bukan menjadi penghambat melaksanakan program tapi inti akreditasi adalah bagaimana mematuhi standar yang sudah ditetapkan dalam melaksanakan tugas di puskesmas agar pelayanan kesehatan yang diberikan bermutu. Taufiq menyampaikan “bahwa akreditasi itu adalah bagaimana kita mematuhi standar yang sudah ditetapkan dalam memberikan pelayanan kesehatan” kata Taufiq, lanjut lagi dia mengatakan “bahwa pelayanan kesehatan yang rendah dapat membahayakan pasien, membuang uang dan waktu”. Kata Taufiq di Hotel Horison Palembang,Rabu(26/6).