Ayo…Cegah Penyakit Tidak Menular

0
12
Kepala Seksi Paru Kronik Direktorat P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Aries Hamzah, berdiri, saat memberikan informasi tentang deteksi dini PTM kepada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas (PKM) Seri Tanjung Kabupaten Ogan Ilir, Selasa,30/7/19.

dinkes.sumselprov.go.id, Kepala Seksi Paru Kronik Direktorat P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia / Kemenkes RI, dr. Aries Hamzah,MKM mengatakan bahwa ” Penyakit Tidak  Menular (PTM) saat ini menjadi momok di Indonesia, karena PTM tidak bisa sembuh dan akan menjadi beban keluarga. PTM seperti Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyebab meningkatnya risiko penyakit stroke, jantung dan ginjal”, ungkap Aries Hamzah saat memberikan informasi tentang deteksi dini PTM kepada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas (PKM) Seri Tanjung Kabupaten Ogan Ilir, Selasa,30/7/19. Lanjut lagi Aries mengatakan bahwa pengendalian faktor risiko PTM dilakukan melalui perilaku CERDIK yaitu Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga, Diet yang seimbang, Istirahat cukup, Kelola stress dengan baik.

Sebagaimana diketahui, Faktor Risiko adalah faktor penentu terjadinya penyakit, untuk itulah salah satu kegiatan kegiatan Bina Wilayah ini serentak dilakukan oleh tim pusat P2P Kemenkes RI di empat Puskesmas yaitu di PKM Seri Tanjung, PKM Indralaya, PKM Tanjung Raja dan PKM Sungai Pinang di Kabupaten Ogan Ilir. PTM sangat sulit disembuhkan secara total apabila kondisi penyakit sudah sampai tahap akhir, beban biaya berobat pun sangat tinggi. Oleh karena itu upaya yang terbaik adalah dengan mencegah kejadian penyakit tidak menular melalui pengendalian faktor risikonya. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan/ screening/ deteksi dini di fasilitas pelayanan kesehatan. Berdasarkan hasil deteksi dini didapatkan pemetaan faktor risiko. Pemetaan ini guna memantau faktor risiko PTM seperti merokok, kurang makan sayur dan buah, kurang aktivitas fisik, konsumsi minuman beralkohol, stress, yang penting di waspadai agar tidak terserang PTM.