Monitoring Evaluasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga

0
14
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Dra. Lesty Nurainy Apt. M.Kes. didampingi Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dr. Uke Veronika, MKM (kanan), Narasumber dr. Monica Saraswati Sitepu, M.Sc Serta Seluruh Peserta Monitoring Evaluasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Hotel Horizon Ultima, kami, 25/07/2019

dinkes.sumselprov.go.id, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Dra. Lesty Nurainy, Apt, M.Kes, tak pernah lupa mengingatkan selalu terkait Pendekatan keluarga yang merupakan salah satu cara yang sangat besar bagi terlaksananya Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang Kesehatan. Dalam pendekatan keluarga puskesmas harus mendata seluruh dari keluarga dan mengatasi masalah kesehatan yang dihadapi setiap anggota keluarga. Lesty mengatakan “Program Indonesia Sehat (PIS) merupakan salah satu program dari agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. PIS dilaksanakan dengan menegakkan tiga pilar utama, yaitu: (1) penerapan paradigma sehat, (2) penguatan pelayanan kesehatan, dan (3) pelaksanaan jaminan kesehatan nasional (JKN). Penerapan paradigma sehat dilakukan dengan strategi pengarusutamaan kesehatan dalam pembangunan, penguatan upaya promotif dan preventif, serta pemberdayaan masyarakat. Penguatan pelayanan kesehatan dilakukan dengan strategi peningkatan akses pelayanan kesehatan, optimalisasi sistem rujukan, dan peningkatan mutu menggunakan pendekatan continuum of care dan intervensi berbasis risiko kesehatan. Sedangkan pelaksanaan JKN dilakukan dengan strategi perluasan sasaran dan manfaat (benefit), serta kendali mutu dan biaya, semuanya itu ditujukan agar tercapainya keluarga sehat. Papar Lesty saat menyampaikan sambutannya dihadapan peserta pertemuan perwakilan dari Dinas Kesehatan kabupaten/kota dan Provinsi Sumatera Selatan, Kamis,25/7/19 , di hotel Horison Ultima Palembang.

Sebagaimana diketahui, Program keluarga sehat adalah program di puskesmas melalui pendekatan keluarga untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerja nya dengan mendatangi keluarga. Pada kesempatan yang sama, ketua panitia pelaksana, Guntur,S.Sos, dalam laporannya mengatakan “kegiatan monitoring evaluasi (monev) Program Indonesia Sehat (PIS) dengan Pendekatan Keluarga (PK) bertujuan untuk memastikan kevalidan data yang diterima dan diketahuinya progres PIS PK di Kabupaten/kota” Peserta ini mendapatkan materi yang disampaikan oleh narasumber dari Kemenkes RI, Pusdatin, Bapelkes dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.