Launching Layanan MCU di RSUD Siti Fatimah Prov.Sumsel

0
19
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Dr. Lesty Nurainy, Apt., M.Kes didampingi Plt. Direktur RSUD Siti Fatimah dr. Asep Zainudin Sp.PK Meresmikan Layanan MCU Dengan Pengguntikan Pita Secara Simbolis. RSUD Siti Fatimah, Jumat, 30/08/2019.

dinkes.sumselprov.go.id, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Dra.Lesty Nurainy,APT,M.Kes, meresmikan layanan Medical Check Up (MCU). Lesty menjelaskan “MCU merupakan salah satu program unggulan di RSUD Siti Fatimah selain kardiologi, ortopedi, dan layanan lansia, Layanan MCU ini mendukung visi misi Gubernur Sumsel Maju Untuk Semua, Sumsel Sehat Untuk Semua” selanjutnya lesty menekankan “MCU merupakan lanjutan dari deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) yang telah dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel terhadap dua puluh OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel”, ungkap Lesty saat menyampaikan sambutan nya pada acara launching layanan  MCU di RSUD Siti Fatimah Prov. Sumsel, Palembang,Jum’at, 30 /08/19.

Pada kesempatan yang sama Plt.Direktur RSUD Siti Fatimah Prov.Sumsel,dr.Asep Zainuddin,Sp.PK memaparkan “bahwa tujuan  layanan MCU untuk mengetahui faktor risiko penyakit apa yang ada didalam tubuh kita, atau penyakit apa yang sedang kita derita dimana secara fisik tidak ada.. dengan cara mengetahui faktor risiko tersebut , maka dokter tim MCU akan memberikan informasi kepada klien tentang pola hidup, makanan juga kesehatan mental.”jelasnya. Asep melanjutkan “RSUD Siti Fatimah Prov. Sumsel menampilkan layanan MCU yang berbeda dengan tempat lain yaitu ada ruang konsultasi sehingga klien diberikan kesempatan untuk konsultasi kepada dokternya” kata Asep. “Selain itu, MCU ini minimal ada Empat hal yang lakukan antara lain : deteksi penyakit apa yang sedang diderita berkaitan dengan pekerjaan dan lingkungan kerja, mengetahui faktor risiko, menginformasikan bagaimana pola hidup, gizi, aktivitas, dan menginformasikan pemeriksaan lain yang dibutuhkan untuk mempertajam hasil pemeriksaan tersebut” Ungkapnya dengan Jelas. Acara diresmikan secara langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel dengan melakukan pengguntingan pita secara simbolis yang kemudian menyaksikan secara langsung proses pelayanan MCU.