Rangkaian Penilaian LSS Nasional, Sumsel Optimis Raih Juara

0
222
Ramah Tamah dengan Gubernur Sumsel atas selesainya rangkaian penilaian Lomba Sekolah Sehat Berkarakter di Sumsel Tahun 2019. Dari kiri ke kanan, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Sumsel - Dedy Hermansyah, Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumsel - Asep, Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial - Heru DA, Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sumsel) - DR. dr. Akhmad Najib, SH,M.Hum, Anggota Juri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) - Ota, Juri dari Kemenag - Agis Andriansyah Hidayat, Juri Kemendikbud - Peny Kalpikawati, Juri Kemendikbud - Syaefudin, Gubernur Sumsel - H. Herman Deru, Juri Kementerian Kesehatan - Hanna Shafiyah (Juri), Juri - Minarni Dewi), Plt. Kepala Biro Kesra Prov. Sumsel - M. Iqbal Alisyahbana, Pendamping dari Dinkes Provinsi Sumsel Ismawati,SKM, Rusdiana, SKM, dan dr. Lisa Marniyati, M.KM. (Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat), Pendamping dari Kesra - Vera Setiawati. Kantor Gubernur - Palembang, 8/8/2019

dinkes.sumselprov.go.id, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sangat mengapresiasi terhadap pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat (LSS) berkarakter tk. Nasional dimana rangkaian kegiatan penilaian dilaksanakan di Kabupaten Musi Rawas, Musi Banyuasin dan Kota Palembang. Mewakili Gubernur Sumatera Selatan, Asisten pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, DR.H.Akhmad Najib, SH, M.Hum menyambut hangat kedatangan tim penilai LSS dengan rasa senang. Ahmad Najib mengapresiasi dan mengatakan bahwa “LSS  dapat memotivasi anak-anak membangun kebiasaan sehat di lingkungan sekolah”. katanya saat berada di acara sambutan penilaian LSS di SMA Negeri 6, Kamis, 08/08/19.Pada kesempatan yang sama Syaefudin, S.Pd dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengucapkan “terima kasih atas komitmen terhadap pelaksanaan program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M)”. “UKS/M merupakan salah satu program yang sangat fundamental dan strategis dalam meningkatkan pola hidup sehat, dan pembinaan karakter building peserta didik, oleh karena itu kita dituntut untuk mempunyai komitmen dan kepedulian yang sungguh-sungguh dalam pelaksanaan proses lomba mulai dari tingkat sekolah sampai tingkat nasional.” ujar Syaefudin.

Sebagaimana diketahui, LSS dilaksanakan setiap tahun sebagai implementasi peraturan bersama empat menteri yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Agama(Kemenag), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri. Tentunya sekolah yang telah terpilih adalah pemenang antar Kabupaten/Kota di Sumsel yang kemudian siap mewakili sumsel untuk melaju ke tingkat nasional. Hal ini tak luput dari pembinaan dari Tim pembina UKS/M yang terdiri dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumsel, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel, Biro Kesra Prov.Sumsel, dan Kementerian Agama (Kemenag).

Pada 5 Agustus 2019 kemarin, di Sumsel telah dilaksanakan serangkaian penilaian LSS berkarakter bersama tim penilai pusat di Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Banyuasin, dan Kota Palembang. Tim Penilai LSS Berkarakter tk. Nasional terdiri dari Bpk. Syaefudin, S.Pd dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ota, SE; Kemendikbud, Peny Kalpikawati, SKM Kemendikbud, Hanna Syaffiyah Zulaidah, SKM, M.Ph, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Agus Andriansyah Hidayat, SE : Kementerian Agama (Kemenag) dan Abdurrahman Somad, S.Ag. Pada tanggal 5 Agustus 2019 tempat yang dikunjungi adalah ke TP UKS/M Kabupaten Musi Rawas, mengunjungi Kediaman Bupati Musi Rawas dan menuju ke SMP Bangun Rejo , dilanjutkan kunjungan ke TPS UKS/M Kab. Musi Banyuasin (Muba) pada tanggal 6 Agustus 2019 . Kemudian pada tanggal 7 Agustus 2019, rombongan melanjutkan penilaian lapangan di SD Anwar Karim Muba, kemudian tim penilai mengunjungi Tim Pembina UKS/M Kec. Tungkal Jaya Muba. Selanjutnya pada tanggal 8 Agustus 2019 dilaksanakàn penilaian di SMA N 6 Palembang,  selanjutnya tim mengunjungi TP UKS/M Kec. Kemuning Kota Palembang dan TP UKS/M Prov.Sumsel, kunjungan ke Kantor Walikota dan berakhir ramah tamah ke Kantor Gubernur Sumsel sebagai laporan kepada Bapak Gubernur atas selesainya serangkaian aktivitas penilaian.