Validasi Penyakit Hepatitis dan PISP

0
24
dr. Asep Zainudin SpPK (tengah) didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit H. Ferry Yanuar , SKM., M.Kes. (kiri) dan Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular H. Muyono S.Sos, M.Kes (dua kiri) Beserta Nara Sumber dan Peserta Dalam Acara Validasi Data Hepatitis dan PSIP di Hotel S-One Palembang, Senin, 26/08/2019.
dr. Asep Zainudin SpPK didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit H. Ferry Yanuar , SKM., M.Kes. (kiri) dan Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular H. Muyono S.Sos, M.Kes (kanan) Dalam Acara Validasi Data Hepatitis dan PSIP di Hotel S-One Palembang, Senin, 26/08/2019.

dinkes.sumselprov.go.id, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Dra.Lesty Nurainy, Apt, M.Kes, melalui Plt. Direktur RSUD Siti Fatimah Prov. Sumatera Selatan, dr. Asep Zainuddin, Sp. PK mengupayakan untuk melakukan pemutusan mata rantai penularan, upaya pencegahan bagi bayi dari ibu dengan HbsAg positif, penurunan infeksi baru, dan mengetahui besaran masalah hepatitis B pada masyarakat khususnya ibu hamil. Didampingi oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Ferri Yanuar, SKM.,M.Kes, Asep mengatakan “perlu dilakukan upaya-upaya secara komprehensif, mulai dari upaya promosi, pencegahan, perlindungan khusus (specific protection), pengobatan, dukungan dan perawatan”. lanjut lagi asep menjelaskan “Dalam melakukan upaya – upaya yang komprehensif tersebut didukung dengan data yang berkualitas dan mempunyai validitas baik sehingga menghasilkan output yang baik juga” , papar asep saat menyampaikan sambutannya di hotel S-One, Palembang,Senin(26/08/19).

Sebagaimana diketahui, data yang dikumpulkan berdasarkan pencatatan dan pelaporan di puskesmas, kab/kota, rumah sakit, provinsi dan nasional yang dilakukan dengan cara sistematis dan terintegrasi juga diperlukan untuk mendukung manajemen program Hepatitis dan Penyakit Infeksi Saluran Pencernaan(PISP) guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Pada kesempatan yang sama ketua panitia pelaksana, H.Muyono,M.Kes, dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan pertemuan ini untuk meningkatkan kualitas data, ketepatan dan kelengkapan pencatatan pelaporan P2 Hepatitis dan PSIP Kab/kota, meningkatkan kemampuan petugas P2 Hepatitis dan PSIP tentang sistem pencatatan online dan meningkatnya komitmen petugas kab/kota dalam pencatatan, pelaporan dan tata laksana penyakit hepatitis dan PISP.