Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Dra. Lesty Nurainy, Apt.,M.Kes (tiga dari kanan) menghadiri pelatihan pelayanan kesehatan usia sekolah dan remaja tingkat provinsi sumatera selatan tahun 2019 sekaligus membuka acara dan berfoto bersama peserta. Pembukaan di Hotel Santika Palembang, Selasa, 17/9/2019.

dinkes.sumselprov.go.id, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Dra.Lesty Nurainy, APT, M.Kes mengupayakan peningkatan pelayanan kesehatan usia sekolah dan remaja dengan melakukan berbagai inovasi. Lesty menyampaikan bahwa” usia sekolah dan remaja merupakan sasaran strategis untuk pelaksanaan program kesehatan karena jumlahnya besar dan banyak terorganisir di sekolah antara lain melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) yang bertujuan agar setiap anak memiliki kemampuan berperilaku hidup bersih dan sehat, memiliki keterampilan hidup sehat, dan keterampilan sosial yang baik sehingga dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara optimal menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas” jelas Lesty saat membuka acara pelatihan pelayanan kesehatan usia sekolah dan remaja di Hotel Santika Palembang, Selasa(17/09/19).

Pada kesempatan yang sama Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat, dr. Lisa Marniyati, M.KM. melalui Ketua Panitia Pelaksana, Ismawati. SKM dalam laporannya mengatakan “bahwa tujuan pelatihan pelayanan kesehatan usia sekolah dan remaja yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas puskesmas dalam melakukan penjaringan, menyiapkan tenaga kesehatan yang mampu menangani masalah pelayanan kesehatan, mendukung upaya pencapaian dan kualitas penyelenggaraan pelayanan kesehatan dan meningkatkan cakupan puskesmas yang melaksanakan penjaringan kesehatan pada anak sekolah kelas 1,7, dan 10 serta puskesmas yang melaksanakan pelayanan kesehatan remaja. Sebagaimana diketahui  bahwa masalah kesehatan pada usia sekolah adalah perilaku hidup bersih dan sehat, perilaku yang berisiko seperti perilaku seks pranikah, merokok, dan napza.