Lepas Sambut Peserta PIDI, Selaraskan Hasil Pendidikan Dan Praktek Lapangan

0
21
Staf ahli Menteri Bidang Ekonomi Kesehatan dr. H. M. Subuh MPPM, M.Kes, (duduk ke empat dari kanan), perwakilan KIDI pusat dr. Zainoel Arifin, M.Kes. (duduk ketiga dari kanan), Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sumsel Dra.Lesty Nurainy Apt., M.Kes (duduk ke empat dari kiri), Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Drs.M.Rizal,APT, (duduk kedua kiri) dan Kepala Seksi Sumber Daya Kesehatan,Yusnita Satya Fitri,SKM,MM (duduk paling kanan) berfoto bersama para peserta PIDI (Program Internship Dokter Indonesia) dalam acara Lepas Sambut Peserta PIDI angkatan III, Hotel The Zuri,Palembang, Senin,7/10/2019.

Dinkes.sumselprov.go.id,  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Dra.Lesty Nurainy,APT,M.Kes memberikan pesan dan komitmen kepada peserta PIDI (Program Internship Dokter Indonesia) agar dapat menerapkan praktek kompetensi yang diperoleh selama pendidikan supaya dapat selaras antara hasil pendidikan dan praktek di lapangan. Lesty mengatakan, “tujuan dan sasaran program PIDI disusun berdasarkan prinsip praktek kedokteran dan berlandaskan kepada Kompetensi Standar Dokter Indonesia (KSKIDI) dan memberikan kesempatan pada dokter lulusan program studi pendidikan profesi dokter berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi untuk menerapkan serta mempraktekkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan dalam rangka penyelarasan antara hasil pendidikan dan praktek lapangan”, katanya dihadapan 101 dokter peserta PIDI angkatan III Tahun 2018-2019 yang telah melaksanakan PIDI dan 133 dokter yang akan melaksanakan tugas pada acara Lepas-Sambut Peserta PIDI di hotel The Zury Palembang, Senin, 7/10/19. Turut hadir pada acara ini staf ahli Menteri Bidang Ekonomi Kesehatan dr.H.M.Subuh MPPM,M.Kes, perwakilan KIDI pusat dr.Zainoel Arifin,M.Kes, Sekretariat PIDI pusat, Ketua dan Sub Komite KIDI Provinsi Sumsel, Kepala Dinas serta Direktur RSUD Kab/kota di Sumsel.

Pada kesempatan yang sama, Lesty  menambahkan “bahwa kita masih dihadapkan dengan masalah Angka Kematian Ibu, Angka Kematian Bayi, Stunting, Tuberkulosis, Penyakit Tidak Menular dan cakupan imunisasi dasar lengkap” tekannya. “mari kita hidup sehat dimulai dari diri kita sendiri melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), antara lain menghentikan kebiasaan merokok, melakukan dan membiasakan olahraga minimal 30 menit perhari, atau 10.000 langkah kaki per hari, konsumsi gizi seimbang, menjaga kebersihan lingkungan, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin” ujar lesty.

Sebagaimana diketahui, Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) merupakan tahap pelatihan keprofesian praregistrasi berbasis kompetensi pelayanan primer guna memahirkan kompetensi yang telah dicapai setelah memperoleh kualifikasi dokter melalui pendidikan kedokteran dasar. 101 dokter peserta  PIDI  angkatan III  yang telah melaksanakan PIDI di 5 wahana yaitu Kota Palembang, dengan 2 wahana sebanyak 36 orang, Kabupaten Muara Enim sebanyak 17 orang, Kabupaten Musi Rawas sebanyak 21 orang, Kabupaten OKU Selatan sebanyak 7 orang dan Kabupaten OKU Timur sebanyak 20 orang. Kepada 133 dokter peserta PIDI yang akan diberangkatkan Lesty berpesan agar dapat melaksanakan tugas sebagai  dokter internsip dengan baik dan amanah, serta berkomitmen bertugas di wahana dengan sepenuh hati, menjalankan tugas sesuai ketentuan, dapat beradaptasi dengan budaya setempat, menjaga etika yang baik dan profesional.