Tema Global HAS tahun 2019 adalah Communities Make the Difference. Tema ini mengingatkan pentingnya peran komunitas, termasuk lembaga swadaya masyarakat, dalam Penanggulangan AIDS, yaitu dalam pemberian layanan HIV, penegakkan hak asasi manusia, dan pendampingan ODHA dalam pengobatan.Kita menyerap tema global ini dengan ungkapan  Bersama Masyarakat Meraih Sukses!. Dengan tema ini Kementerian Kesehatan dan para mitra  mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meraih sukses dalam mencapai three zeros pada tahun 2030.Tahun ini kita memilih  tema nasional untuk memacu semangat kampanye yang kita mulai tahun 2017 yaitu  Saya Berani Saya Sehat yang dicanangkan sejak tahun 2017. Kampanye ini  menyerukan agar masyarakat melakukan tes HIV dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat terhadap HIV AIDS. Kampanye lain yang kita angkat adalah Ada Obat Ada Jalan yang dimulai  tahun 2018.  Tema ini berpesan bahwa jika seseorang tahu status HIV-nya  secara dini maka mereka yang HIV positif (ODHA) dapat segera makan obat agar tetap  produktif, mampu  memberikan yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat, karena infeksi HIV ada obatnya.

Dengan Peringatan HAS 2019 diharapkan dapat :

  1. Menggalang komitmen segenap jajaran kementerian/ lembaga dan seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung pencapaian target 3 zeroes yaitu ; tidak ada lagi infeksi baru HIV, tidak ada lagi kematian yang disebabkan karena HIV AIDS dan tidak ada lagi diskriminasi terhadap ODHA di Indonesia.
  2. Mempercepat langkah pencapaian fast track 90-90-90 dalam  mencapai 3 zeroes HIV, yang telah dimulai tahun 2018.
  3. Memperkuat koordinasi antar Kementerian/Lembaga di tingkat pusat, provinsi/ kabupaten/kota dalam mencapai keberhasilan pencegahan dan pengendalian HIV AIDS dan PIMS secara komprehensif

Berkat kemajuan ilmu dan teknologi, prosedur pemeriksaan dan pengobatan HIV AIDS semakin mudah. Kita juga berharap agar  pandangan  masyarakat terhadap HIV AIDS dapat berubah sehingga tidak ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap ODHA. Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat di Tanah Air untuk  berperilaku hidup sehat demi mencegah dan mengendalikan penularan HIV di Indonesia. Kita bersyukur  mendapatkan rekor MURI yang menggambarkan upaya kita bersama dalam menanggulangi HIV untuk  mencapai Ending AIDS tahun 2030.

Dilansir dari Pidato Menteri Kesehatan RI, Letjen (Pur) Dr. dr.Terawan Agus Putranto, Sp. Rad (K) saat acara peringatan puncak Hari HIV AIDS Sedunia, Bandung, 30/11/19.