Jambore SPGDT PSC 119 se-Sumsel di Pagaralam, Siap Menjadi Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan

0
17
Para Peserta Jambore SPGDT PSC 119 Se- Sumatera Selatan Mengabadikan Momen Bersama Di Aula MTQ Gunung Dare Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan, Senin, 02/12/2019.

dinkes.sumselprov.go.id, Jambore SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) PSC (Public Service Centre) 119 se- Sumatera Selatan (Sumsel) berlangsung semarak. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan diwakili oleh Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Kesehatan, Drs. M.Rizal, Apt., menjelaskan “SPGDT adalah sebuah sistem penanggulangan pasien gawat darurat yang terdiri dari unsur: pelayanan pra rumah sakit, pelayanan di rumah sakit dan antar rumah sakit, sedangkan PSC 119 merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan..Layanan ini dibentuk tahun 2016 bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan untuk membantu penanganan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan tetapi juga dalam situasi kritis” kata Rizal.

selanjutnya rizal menerangkan “dengan adanya SPGDT PSC 119 masyarakat dapat menelpon call center 119 bebas pulsa” untuk mendapatkan layanan informasi mengenai rumah sakit mana yang paling siap dalam memberikan layanan kedaruratan”. Ungkap Rizal saat acara Jambore, Pagaralam, 02/12/19.

Sebagaimana diketahui Salah satu kejadian gawat darurat medis yang dapat menimbulkan kematian mendadak biasanya diakibatkan oleh henti jantung (cardiac arrest), dalam keadaan ini tindakan resusitasi segera sangat diperlukan, jika tidak segera dilakukan tindakan resusitasi dapat menyebabkan kematian atau jika masih sempat tertolong dapat terjadi kecacatan otak permanen.

Sekretaris Daerah Kota Pagar Alam, Drs. Syamsul Bahri Burlian,M.Si. menginginkan PSC 119 dapat tersosialisasikan kepada masyarakat, ungkap Drs. Syamsul Bahri Burlian,M.Si. saat menyampaikan sambutan dan membuka secara resmi Jambore SPGDT PSC 119 se-Sumsel, Senin, 02/12/2019, di Aula MTQ Gunung Dare Kota Pagar Alam.

Sebagaimana diketahui SPGDT PSC 119 bertujuan untuk memberikan pertolongan pertama kasus kegawatdaruratan medis, memberikan bantuan rujukan ke rumah sakit yang tersedia, dan mengkoordinasikan pelayanan informasi penanganan medis yang terjadi pada pasien sebelum mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit. Jamborae SPGDT PSC 119 tahun ini mengambil tema “Melangkah Bersama Selamatkan Jiwa”. Tujuan jambore SPGDT PSC 119 yang dilaksanakan selama 3 hari kedepan untuk menjadikan PSC 119 sebagai ujung tombak pelayanan sebelum ke rumah sakit dan mewujudkan SPGDT yang terintegrasi dengan fasilitas kesehatan lainnya. Peserta jambore dari 17 Kabupaten/kota di Sumsel mendapatkan materi tentang kebijakan SPGDT di Indonesia, Penanganan Kegawatdaruratan, Penanganan Kecelakaan, dan Penanganan Kegawatdaruratan Jantung, yang disampaikan oleh narasumber dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, HIPGABI (Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia) Provinsi Sumatera Selatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.