Gubernur Sumsel H. Herman Deru (bertopi hitam) bersama Wagub Sumsel, H. Mawardi Yahya (berompi cokelat) memastikan kesiapan Rumah Sehat Covid19 di Wisma Atlit Jakabaring Sport Center Palembang, Didampingi Kadinkes Prov. Sumsel Dra. Lesty Nurainy, Apt., M.Kes (batik), bersama TNI, POLRI, Wisma JSC, Senin, 30/03/2020.

Dinkes.sumselprov.go.id, Terhitung 30 Maret 2020, Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang resmi menjadi Rumah Sehat Covid-19. Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel),H.Herman Deru menyetujui adanya Rumah sehat Covid-19 ini,Deru mengatakan bahwa,”Rumah Sehat Covid-19 ini adalah rumah untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Konfirmasi Positif, karena Kota Palembang merupakan daerah yang memiliki banyak pintu masuk.” ungkap Deru saat meresmikan rumah sehat Covid-19 di arena Jaka Baring Sport City,Palembang, Senin,30/3/2020.

Sebagaimana diketahui bahwa Orang Dalam Pemantauan (ODP) adalah : 1. orang yang mengalami demam (>38 derajat celcius) atau riwayat demam, atau gejala gangguan sistem pernafasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan, dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang melaporkan transmisi lokal. Kedua, orang yang mengalami gejala gangguan sistem pernafasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi Covid-19. Turut hadir dalam acara ini Wakil Gubernur Sumsel H.Mawardi Yahya, Polri,TNI, Organisasi Perangkat Daerah, UPTD Dinas Kesehatan Prov.Sumsel, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Angkasa Pura dan media.