Dinkes.sumselprov.go.id – Rumah Sehat Covid-19 Provinsi Sumsel di Wisma Atlit Jakabaring Sport City (JSC) Palembang resmi dibuka oleh Gubernur Sumsel sejak akhir maret 2020. Awalnya Rumah sehat  ini adalah rumah isolasi bagi status Orang Dalam pantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) namun pada bulan Mei fungsinya ditambah satu yaitu status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Tentunya ketiga status itu  pernah kontak dengan penderita covid-19 atau orang yang memasuki wilayah tertentu yang berasal dari daerah zona merah (penderita covid). Tujuan dari rumah sehat covid-19 ini  untuk mengurangi risiko penularan baik kepada keluarga dan masyarakat. Untuk dapat dilayani di RS Sehat harus membawa surat rujukan dari rumah sakit.

OTG, ODP dan PDP adalah orang atau pasien yang kesemuanya berpotensi positif covid-19 menjalani masa isolasi  sesuai protokol. Mereka mendapat Fasilitas sesuai standard (protokol), dalam satu kamar hanya satu orang yang dilengkapi dengan keperluan sehari-hari, disediakan juga makan dan snak yang memenuhi standar gizi yang disusun oleh pakar gizi dan kamar yang selalu dibersihkan oleh petugas. Masa isolasi lebih kurang 20 hari sampai dengan tegaknya diagnosa apakah positif atau negative covid. dalam masa pembinaan diwajibkan mengikuti kegiatan- kegiatan yang telah dirancang agar tidak merasa jenuh atau bosan dalam masa isolasi. Dalam masa isolasi mereka mendapat pelayanan kesehatan sesuai dengan protokol seperti : Pemeriksaan Rapid tes, Swab dan pemeriksaan lain yang mendukung untuk penegakan diagnosa. Bagi yang positif akan dirujuk ke Rumas Sakit dan untuk yang negatif akan dipulangkan.

Sebagaimana diketahui, kegiatan-kegiatan telah dirancang oleh tenaga Promkes (Promosi Kesehatan) dengan tujuan untuk pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat. Maka itu diwajibkan menjaga kebersihan termasuk mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin,  penggunaan masker untuk mencegah  penyebaran  droplet saat bersin atau batuk dengan menutup menutup mulut dengan bahan kain atau tisu atau lipatan siku tangan, serta melakukan physical distancing atau jaga jarak kurang lebih 1 hingga 2 meter.

Kegiatan lain yang setiap hari diikuti adalah senam peregangan. Peregangan sederhana di bulan suci ramadhan dan sekaligus berjemur dibawah sinar matahari pada pukul 10.00 WIB. Rumah sehat Covid-19  juga bekerja sama dengan Ikatan Perawat Jiwa Indonesia yang secara teratur memberikan motivasi mental berupa afirmasi positif untuk mengurangi stres.

Saat hendak pemulangan OTG/ODP/PDP yang sudah negatif, petugas Promkes kembali mengedukasi dengan mereview pembelajaran yang telah diberikan selama di Rumah Sehat. Mereka yang negatif  tetap melaksanakan masa isolasi mandiri,  juga diharapkan dapat menjadi kader kesehatan yang kompeten memberikan informasi yang benar terkait pencegahan covid-19 ditengah masyarakat. Mereka juga dibekali lembaran-lembaran leaflet yang berisi pesan tentang pencegahan penularan covid.
*)El-Promkes