hari-kesehatan-nasional-2020-347473

Griya Agung, Palembang – Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke -56 tahun ini dimeriahkan dengan kegiatan launching 1 desa 1 Ambulance dan Sumsel Tanggap melalui PSC 119, serta penganugerahan piagam Rekor MURI kepada Gubernur Sumatera Selatan, H.Herman Deru (HD) di halaman Griya Agung jalan Demang Lebar Daun Palembang, 24/11/2020. Adapun rekor MURI yang diperoleh adalah pertama, Satu desa satu ambulance swadaya masyarakat, kedua, Pemerintah provinsi pertama yang membentuk PSC di seluruh kab/kota, ketiga adalah Pemerintah provinsi pertama yang melakukan penilaian keluarga samawa.

H. Herman Deru dalam sambutannya mengatakan “diperingatkan HKN ini,pertama akan dilaunching Sumsel Tanggap PSC 119.. dimana masyarakat dapat mengakses aplikasi dan meminta bantuan pelayanan kesehatan secara gratis melalui telpon dimanapun kapanpun menggunakan nomor 119, terintegrasi dengan program kedua yaitu satu desa satu Ambulance serta ketiga adalah penilaian keluarga sakinah mawadah warohmah (samawa) bekerjasama dengan BKKBN.” ungkap Deru. Lanjut lagi Deru menyampaikan, “program satu desa satu ambulance di Sumsel melibatkan masyarakat setempat yang punya mobil agar meminjamkan mobil nya untuk dijadikan ambulance.. dan ditandatangani kesepakatan.. Untuk itu Pemprov Sumsel memberikan insentif berupa bebas pajak kendaraan selama satu tahun.. jika positif digunakan dalam satu tahun tersebut.. satu desa satu ambulance ini ada kesepakatan antara bupati/walikota, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Camat dan Desa/Kelurahan, sehingga partisipasi masyarakat ini yang menjadi penilaian” jelasnya saat di Griya Agung, Selasa, 24/11/2020. Tak lupa HD mengucapkan terima kasih kepada MURI yang telah menghargai sebagai Provinsi yang mencetuskan keterlibatan masyarakat sebagai garda terdepan untuk menangani masalah kesehatan di lapangan.

Penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan tentang pengembangan pelayanan kegawatdaruratan masyarakat melalui PSC 119 , di halaman Griya agung Palembang,Selasa,24/11/2020

Senada dengan yang disampaikan HD, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Dra.Lesty Nurainy,APT,M.Kes mengatakan, “Satu desa satu Ambulance ini diinisiasi oleh Gubernur Sumatera Selatan, H.Herman Deru, sejak beliau menjabat Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.. juga PSC 119 ditambah Unit Reaksi Cepat (URC) Ambulance motor yang sekarang diintegrasikan dengan POLDA Sumsel” pungkas Lesty. Pada kesempatan yang sama pula, Menkes RI yang diwakili oleh staf khusus Menkes RI bidang peningkatan pelayanan kesehatan, Brigjen TNI (purn) dr. Jajang Edi Priyatno,SpB,MARS, saat menyampaikan sambutan Menkes RI, mengatakan,” Peringatan HKN tahun ini mengusung tema Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, tema ini sejalan dengan situasi pandemi covid-19 yang memacu kita agar berubah di setiap aspek kehidupan untuk adaptasi kebiasaan baru tetap produktif namun aman dari covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan” ungkap Jajang.

Gubernur Sumsel,H.Herman Deru(memegang tombol sirine) saat melaunching satu desa/Kel,satu Ambulance swadaya masyarakat, di halaman Griya agung,Jalan Demang Lebar Daun Palembang,Selasa(24/11/2020).

Rangkaian acara berupa launching sumsel tanggap PSC 119 yang  dilanjutkan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan tentang pengembangan pelayanan kegawatdaruratan masyarakat melalui Public Safety Center (PSC) 119 dan peluncuran aplikasi sumsel tanggap secara terintegrasi. Kemudian dilakukan pemberian bantuan oksigen konsentrator dan ventilator bagi seluruh rumah sakit serta pengumuman pemenang lomba keluarga samawa. Tentunya Acara ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat dan diakhiri dengan launching 1 ambulance untuk 1 desa / kelurahan juga ada kegiatan donor darah.

Peserta acara Hari Kesehatan Nasional (HKN) Mendonorkan Darah di Hari Kesehatan Nasional ke 56 di tahun 2020, di Istana Gubernur Griya Agung, Selasa, 24/11/2020

Turut hadir Forkompinda, Ketua DPRD Prov.Sumsel, PKK, wakapolda Sumsel, KaKanwil Kemenag, wakajati, ketua pengadilan tinggi, ketua BIN, para pejabat tinggi se-Sumsel, Kadin PMD Prov.Sumsel, BNPB,perwakilan TNI,Polri, BPJS, BKKBN, instansi vertikal (KKP, BBLK, BTKL,Balai POM),BPS, LSM,  seluruh direktur rumah sakit, organisasi profesi kesehatan dan organisasi lainnya.

Gubernur Sumsel, H. Herman Deru menyerahkan hadiah kepada pemenang pertama keluarga Samawa pada rangkaian acara HKN 56 Di Griya Agung, Selasa, 24/11/2020.

Sebagaimana diketahui, Tema HKN dipilih untuk mengajak masyarakat agar tidak putus asa, tidak menyerah dan tidak kendor dalam menjaga kesehatan diri demi mewujudkan Indonesia Sehat.
Sesuai dengan sub tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat , Selamatkan  Bangsa dari pandemi Covid-19″ juga sejalan dengan Tema Utama yakni “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat!”.
Selamat Hari Kesehatan Nasional Ke 56
Salam Sehat, Sehat Indonesia.