PKB Tunaikan Tugas Pelayanan Kesehatan di DTPK

Dokumentasi petugas Pelayanan Kesehatan Bergerak / PKB saat berada di lokasi aliran sungai wilayah kerja Puskesmas Mendingin OKU, Rabu, 26/05/2021.

Dinkes Sumsel – Upaya pelayanan kesehatan Bergerak / PKB di Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) perlu mendapat perhatian khusus akibat situasi dan kondisi geografis yang sulit terjangkau, terbatasnya sarana dan prasarana kesehatan, serta ketersediaan dan kualitas SDM kesehatan yang rendah. Ditemui di meja kerja Seksi Pelayanan Kesehatan Primer / yankes primer, dr. Uke V, menyampaikan “Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) hadir sebagai salah satu upaya meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat di DTPK tersebut.. lanjut uke menyatakan “Untuk Provinsi Sumatera Selatan, kegiatan PKB berlokasi di 2 kabupaten yaitu Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) tepatnya Rompok Suku Anak Dalam Desa Pulau Kidak Kecamatan Ulu Rawas dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) tepatnya Dusun Talang Beringin Desa Mendingin Kecamatan Ulu Ogan, masing-masing dilakukan sebanyak 2 kali yaitu tahap 1 pada tanggal 24-28 Mei 2021 dan tahap 2 pada tanggal 7-11 Juli 2021 jelasnya, ruang yankes primer, jumat, 1/10/2021.

Petugas Pelayanan Kesehatan Bergerak sedang menyeberang aliran air dengan berjalan kaki menapak kayu pohon dan bambu menuju ke DTPK / Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan di Musi Rawas Utara , Sumsel (7/21)

Sebagaimana diketahui, Tim pelaksana PKB merupakan tim gabungan berbagai tenaga kesehatan, termasuk dokter spesialis, yang berasal dari Dinkes Provinsi, Dinkes Kabupaten, organisasi profesi dan Puskesmas setempat.  Pelayanan kesehatan yang diberikan bukan hanya pemeriksaan dan pengobatan penyakit, promosi kesehatan, pemantauan tumbuh kembang balita, pemicuan jamban sehat, vaksinasi COVID-19  dan khitanan massal, akan tetapi juga transfer knowledge dari dokter spesialis dan dokter gigi kepada tenaga kesehatan setempat beserta kader. Dibutuhkan ketahanan fisik dan mental untuk mencapai lokasi PKB, dimana perjalanan menuju Rompok Suku Anak Dalam membutuhkan waktu 3-4 jam berjalan kaki dari Desa Pulau Kidak melintasi sungai-sungai kecil yang menembus kawasan hutan. Sedangkan untuk mencapai Dusun Talang Beringin, membutuhkan waktu 2-3 jam menggunakan motor trail mendaki perbukitan terjal tanah merah. Walaupun perjalanan yang ditempuh cukup berat, namun tidak menyurutkan semangat tim PKB dalam menunaikan tugas mulia memberikan pelayanan kesehatan.

Seorang anak sedang menjalani pelayanan kesehatan gigi dan mulut di DTPK / Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan di Lokasi wilayah kerja Puskesmas Mendingin OKU, Rabu 25/ Mei / 2021
TIm Pelayanan Kesehatan Bergerak dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan sedang menuju ke DTPK di Wilayah kerja Puskesmas mendingin, Rabu, 25/09/2021