F.A.Q

FAQ (Frequently Asked Question)

adalah dokumen online yang menimbulkan serangkaian pertanyaan dan jawaban yang umum tentang topik tertentu. Khusus di Website Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, FAQ diantaranya sebagai berikut :


Bagaimana cara membuat STR Terbaru 2019?

Jawab :

Cara membuat STR terbaru yaitu dengan masuk ke link :
www.ktki.kemkes.go.id

Cara panduan pembuatan STR terbaru yaitu dengan mengklik link:
http://dinkes.sumselprov.go.id/2019/01/panduan-pembuatan-e-str-online/
http://dinkes.sumselprov.go.id/2019/01/vidio-panduan-e-str-online/

Dimana tempat menghubungi pengurusan STR di Sumsel ?

informasi Kontak  pembuatan STR (Surat Tanda Registrasi)?

Layanan STR (Surat Tanda Registrasi) MTKP Sumsel beralamat di
Jl. Dr. M. Ali Komplek RSUP Dr. Moch Hoesin Palembang

Line Telepon : (0711) 555-6974
(Layanan Jam Kerja) : Hari Senin – Jumat

 

Bagaimana syarat untuk memperoleh data untuk penelitian dari akademik di Dinas kesehatan  Provinsi Sumatera Selatan ?

Jawab :

Adapun cara untuk memperoleh data di Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan yaitu dengan membawa Surat dari Kesbangpol dan mengantarkan langsung ke Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, di Jl. Dr. M. Ali Komp. RSUP Dr. Moch Hoesin Palembang 30126. Untuk mendapatkan surat dari Kesbangpol, si pemohon mengajukan surat (Kop Akademik) perihal permohonan penelitian di Dinas Kesehatan terlebih dahulu ke Kesbangpol.

Kemana harus mengadu terhadap buruknya pelayanan kesehatan / Pelayanan Publik ?

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menargetkan pada tahun 2017 ini, seluruh seluruh sistem pengaduan pelayanan publik milik pemerintah daerah baik Provinsi, Kabupaten dan Kota dapat terhubung atau terintegrasi dengan Sistem
Pengelolaan Pengaduam Pelayanan Publik Nasional (SP4N)
yang saat ini dikelola Kementerian PANRB. Silahkan kunjungi website nya di link lapor.go.id.

Lapor SP4N juga dapat melalui SMS di nomor tujuan 1708 yang dikenakan tarif normal sesuai lokasi. Laporan kemudian diverifikasi terlebih dahulu oleh administrator LAPOR! untuk kejelasan dan kelengkapan, dan selanjutnya diteruskan ke intansi K/L/D terkait paling lambat 3 hari kerja setelah pelaporan dilakukan.

Kemana harus meminta Daftar Informasi Pelayanan Publik ?

Permohonan Informasidapat diakses pada link PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) di link http://ppid-dinkes.sumselprov.go.id/informasi/create

Di website / form tersebut pemohon harus mengisi data diri dan beberapa isian lainnya termasuk informasi yang ingin diminta terlebih dahulu. Setelahnya pemohon gar meng-klik kirim , cukup satu kali klik kirim, nantinya operator admin akan menghubungi melalui email yang sudah pemohon isi tadi dalam waktu tiga hari.

Kemana harus menanyakan hal-hal di luar informasi publik dan pengaduan ?

Permohonan Informasi lain-lain dapat menghubungi di link kontak

Kontak

Bagaimana usulan STR baru (Registrasi)

Persyaratan penerbitan STR sbb :

  1. Bagi Lulusan di bawah tanggal 01 Agustus 2013, maka syarat penerbitan STR adalah :
  • 1 Lembar Fotocopy Ijazah pendidikan tenaga kesehatan terakhir yang di legalisir
  • 2 Lembar Pasfoto ukuran 4×6 latar belakang merah
  • Bukti/slip setor Tunai Asli PNBP pembuatan STR ke Rekening Bank BRI Cabang Kebayoran Baru dengan Nomor rekening 0193.01001868.30.7 atas nama BPn182 PUSAT PENINGKATAN MUTU  sebesar Rp. 100.000,-
  • 1 Lembar Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • 1 Lembar Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Bagi Lulusan di atas tanggal 01 Agustus 2013 untuk program study D3 Keperawatan, D3 Kebidanan dan Profesi Ners, syarat penerbitan STR adalah sebagai berikut :

  • 1 Lembar Fotocopy Ijazah pendidikan tenaga kesehatan terakhir yang di legalisir
  • 1 Lembar Fotocopy Sertifikat kompetensi yang di legalisir
  • 2 Lembar Pasfoto ukuran 4×6 latar belakang merah sebanyak 2 lembar
  • Bukti/slip setor Tunai Asli PNBP pembuatan STR ke Rekening Bank BRI Cabang Kebayoran Baru dengan Nomor rekening 0193.01001868.30.7 atas nama BPn182 PUSTANSERDIK BERKELANJUTAN sebesar Rp. 100.000,- (Bila usulan STR diatas tanggal 01 Agustus 2013)
  • 1 Lembar Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • 1 Lembar Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Prosedur usulan STR sbb ;

Mulai 01 September 2016 usulan STR baru dilaksanakan secara online dengan cara mengakses ; mtki.kemkes.go.id dengan ketentuan sbb;

  • Memiliki email pribadi ( 1 email untuk 1 orang tenaga kesehatan)
  • Berlaku bagi tenaga lulusan Diploma III keatas (D3,D4, S1 dll)
  • Bagi lulusan di bawah Diploma III usulan STR masih dilaksanakan secara manual melakui MTKP Sumatera Selatan
    Menyiapkan berkas registrasi online yang terdiri dari :
  • 1 Lembar Fotocopy Ijazah pendidikan tenaga kesehatan terakhir yang di legalisir
  • 2 Lembar Pasfoto ukuran 4×6 latar belakang merah
  • Bukti/slip setor Tunai Asli PNBP pembuatan STR ke Rekening Bank BRI Cabang Kebayoran Baru dengan Nomor rekening 0193.01001868.30.7 atas nama BPn182 PUSAT PENINGKATAN MUTU  sebesar Rp. 100.000,-
  • 1 Leembar Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • 1 Lembar Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Petunjuk registrasi online dapat di lihat langsung pada manual book yang terdapat pada aplikasidi link  :   http://mtki.kemkes.go.id/assets/manuals/manual.pdf

Bagaimana  perpanjangan STR/Registrasi ulang
(Reregistrasi)

  1. 1.    Persyaratan perpanjangan STR/Registrasi ulang (Reregistrasi) sbb :
  • STR asli/Copy
  • 1 Lembar Fotocopy Ijazah pendidikan tenaga kesehatan terakhir yang di legalisir
  • 2 Lembar Pasfoto ukuran 4×6 latar belakang merah
  • Bukti/slip setor Tunai Asli PNBP pembuatan STR ke Rekening Bank BRI Cabang Kebayoran Baru dengan Nomor rekening 0193.01001868.30.7 atas nama BPn182 PUSTANSERDIK BERKELANJUTAN  sebesar Rp. 100.000,- (Bila usulan STR diatas tanggal 01 Agustus 2013) Sertifikat profesi/rekomendasi profesi dari Organisasi profesi sebagai bukti Satuan Kredit Profesi (SKP) telah cukup 25 SKP.
  1. 2. Prosedur perpanjangan STR/Registrasi ulang (Reregistrasi)
  • Proses usulan perpanjangan STR/Registrasi ulang (Reregistrasi) dilakukan melalui organisasi profesi masing-masing sesuai  dengan ketentuan organisasi profesi.
  • Berkas yang dinyatakan lengkap oleh organisasi profesi selanjutnya akan dikirimkan ke MTKP Sumatera Selatan
  • MTKP Sumatera Selatan akan melakukan verifikasi kelengkapan berkas jika dinyatakan lengkap dan valid akan di proses untuk di kirim ke MTKI di Jakarta

C. Kirimkan Berkas Permohonan Dalam Amplok Ke MTKP

  • Lembar checklist 1 lembar
  • Formulir pendaftaran 1 lembar
  • Foto 4×6 background merah 2 lembar
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) 1 lembar
  • Fotocopy Ijazah (dilegalisir) 1 lembar
  • Fotocopy Sertifikat Kompetensi bagi yang sudah melaksanakan ujikom (Bidan, Perawat, Ners – Dilegalisir)
  • Slip kuning pembayaran PNBP melalui Bank rakyat Indonesia (BRI) sebesar Rp. 100.000. No. rekening  0193 01 001868 307 Atas Nama BPn182 Pusat Peningkatan Mutu SDM Kesehatan.
    Dimana tempat pemeriksaan program VCT (Voluntary Counselling Aad Testing) HIV ?
    Program VCT HIV dapat dilakukan di semua Puskesmas di Sumatera Selatan.