VCT Online Via WhatApp

Kepedulian Dinkes Sumsel terhadap pencegahan penyakit HIV/AID, tidak saja dilakukan lewat ‘safari kesehatan’ ke kelompok masyarakat yang rentan tertular. Lebih dari itu, Dinkes juga membuka layanan konsultasi (konseling) secara online, dengan mengerahkan sejumlah petugas konselor.

Layanan ini, secara resmi di lounching di Asrama Haji Palembang tanggal 23 Maret 2015 lalu oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Dra. Hj. Lesty Nurainy, Apt, M.Kes. Peresmian ditandai dengan memberikan perangkat Android secara simbolis kepada Konselor HIV dr. Refi Marlianti dari klinik VCT (Voluntary Counseling and Testing HIV Sumatera Selatan) dari Puskesmas Dempo Palembang. Penyerahan sarana ini juga disaksikan Deddy Ismail, MM. selaku Provincial Project Officer of Global Fund on AIDS Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.

Lesty Nurainy mengatakan pembentukan VCT Online Sumsel merupakan suatu upaya dan terobosan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan. Ini baru pertama kali di Indonesia dan belum ada di provinsi lain yakni strategi guna meningkatkan cakupan tes HIV secara sukarela. Khususnya bahi bagi kelompok masarakat berresiko tinggi tertular HIV. Kelompok tersebut antara lain PSK, Waria, Pengguna Narkoba Suntik, Gay, dan pasien Infeksi Menular Seksual). Dengan kegiatan ini diharapkan mereka dapat dengan mudah mengkakses layanan Konseling dan Tes HIV Sukarela (KTS/VCT) dengan memanfaatkan teknologi terkini yang sedang berkembang yang salah satunya yaitu dengan memanfaatkan dan menggunakan aplikasi Chating via WhatsApp.

”Dengan cara ini mereka yang merasa rentan dengan penyakit ini dapat menjadi klien dan selalu berkomunikasi dalam layanan konseling pra tes HIV secara langsung dan online tanpa tatap muka” ujar Lesty.

Ia juga mengatakan para Konselor HIV yang bekerja adalah mereka yang sudah profesional, dan akan melayani klien secara gratis. Konselor juga akan selalu menjaga rahasia klien dan apabila klien nantinya bersedia untuk tes HIV maka Konselor HIV akan merujuk ke layanan KTS/VCT (Rumah Sakit dan Puskesmas) terdekat dengan tempat tinggal klien.

Klien juga akan menda- patkan pelayanan One Day Service serta gratis sehingga hasil tes HIV dapat segera diketahui klien dengan cepat dan rahasia terjamin.

Masyarakat atau kelompok tertentu bisa dengan mudah menginvite PIN BB yang aktif online

082186682628 / 082186682531 / 0821-

86682543

Konselor HIV siap melayani seputarHIV – AIDS.

Kegiatan ini akan di monitor serta di evaluasi setiap bulannya dan

dilaporkan juga ke Kementerian Kesehatan RI. (*)