serahhadiah
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes menyerahkan hadiah berupa tas kepada Siswi SMA Negeri 6 Palembang yang berhasil menjawab soal kuis dengan benar pada seputar pengetahuan kampanye aksi bergizi

Palembang, dinkes.sumselprov.go.id, Gerakan Nasional Aksi Bergizi” serentak diseluruh SMA/SMK/MA sederajat dan SMP/Sederajat baik negeri maupun swasta diseluruh Indonesia rutin diperingati setiap tanggal 26 Oktober 2022. Bertempat di SMA Negeri 21 Palembang,  mewakili Gubernur Sumsel, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr
H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP,  memberikan sambutannya yang pada kesempatan ini mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat mulai dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kemenag Provinsi /Kabupaten/Kota, Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (TP-UKS/M) Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten/Kota sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar.

minumtablettambahdarah
Siswi SMA N 21 Palembang secara bersama dan serentak mengkonsumsi tablet tambah darah pada saat kampanye aksi bergizi nasional , Rabu, 26/10/2022.

Trisnawarman mengatakan “Masa remaja merupakan masa pertumbuhan yang sangat cepat.. Gizi remaja merupakan cerminan masalah gizi pada usia dini dan banyak remaja memasuki tahap perkembangan yang penting sehingga asupan gizi pada remaja menjadi satu hal yang harus di intervensi. Semua intervensi pada remaja sering dikatakan sebagai intervensi yang memiliki tiga manfaat sekaligus, karena manfaatnya akan dirasakan oleh remaja tersebut saat ini, remaja dimasa yang akan datang (dewasa) dan keturunan mereka nantinya” tukasnya , lanjut ia membacakan “Permasalahan gizi remaja merupakan salah satu isu kesehatan prioritas pada anak usia sekolah dan remaja..” jelasnya

kamoanyeaksibergizi
Kampanye Aksi Bergizi Nasional bersama Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kemenag Provinsi /Kabupaten/Kota, Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (TP-UKS/M) Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten/Kota serta seluruh pihak yang terlibat, Rabu, 26/10/2022.

Dari data yang dihimpun oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2021 capaian remaja putri yang mengkonsumsi Tablet Tambah Darah masih belum mencapai target yaitu 35,68% dari target Kementerian Kesehatan sebesar 52%. Untuk itu diperlukan strategi dan kegiatan dalam meningkatkan kepatuhan remaja putri mengonsumsi TTD salah satunya adalah kegiatan “Gerakan Nasional Aksi Bergizi”

makanbersamagiziseimbang
Kegiatan makan bersama dengan menu gizi seimbang oleh semua Siswi SMA N 21 Palembang pada saat kampanye aksi bergizi nasional , Rabu, 26/10/2022.

Kegiatan Aksi Bergizi Tingkat Provinsi Sumatera Selatan ini sebelumnya sudah dilakukan di SMAN 1 Palembang pada tanggal 30 September 2022 yang lalu yang dimotori langsung oleh Bapak Gubernur Sumsel, H. Herman Deru dan Kabupaten/Kota juga telah melakukannya. Dimana pada 26 Oktober 2022 kembali melakukan “Gerakan Nasional Aksi Bergizi” dalam rangka menyambut “Sumpah Pemuda ke- 94 dan Hari Kesehatan Nasional ke-58” serentak dengan saudara-saudara kita se-Indonesia.

Trisnawarman berharap melalui kegiatan “Gerakan Nasional Aksi Bergizi” ini dapat lebih meningkatkan kepatuhan remaja putri dalam mengkonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) serta memperkuat komitmen, koordinasi, keterpaduan dan dukungan dari seluruh unsur sehingga di masa yang akan datang kita dapat memiliki anak-anak generasi penerus yang sehat dan berkualitas sehingga terbebas dari stunting dan anemia untuk memajukan Provinsi Sumatera Selatan secara keseluruhan. Dia mengatakan “Gerakan Nasional Aksi Bergizi” ini mari bersama-sama kita berkomitmen untuk membangun kesehatan dan kesejahteraan remaja dalam mencegah permasalahan gizi remaja terutama anemia” harapnya.

zoompakmenkes
Mendengarkan sambutan dari Bapak Menkes RI, Budi Gunadi S, pada Kampanye Aksi Bergizi Nasional yang diadakan secara serentang melalui dalam jaringan.

Sementara itu di tempat dan waktu yang sama, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dedy Irawan, SKM, MKM, menyampaikan dalam laporan sambutannya “Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang diagendakan oleh Kementerian Kesehatan untuk bersama melakukan kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi, dalam rangka  memperingati Hari Sumpah Pemuda ke- 94 tahun 2022  dan Hari Kesehatan Nasional Ke- 58. Kegiatan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia .. sementara pelaksanaan Kampanye Nasional Aksi Gergizi di Sumatera Selatan ini di Pusatkan di Kota Palembang dengan mengambil Lokasi di SMAN 21 Palembang dan SMPN 19 Palembang, dengan melakukan Temu Wicara dengan Menteri Kesehatan, Menteri Koordinator Bidang PMK, Menteri Dalam Negeri, Menteri PPN/Bappenas, Menteri Agama, dan Mendikbud, Riset dan Teknologi.. Kegiatan kita ini dibiayai oleh Kementerian Kesehatan  melalui Anggaran Dekonsentrasi pada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dimana Siswi peserta Kegiatan mendapatkan Kaos, Thumbler, Lunchboks beserta menu yang telah disiapkan oleh panitia.. Para Siswi melakukan Olahraga Senam Bersama dilanjutkan dengan Sarapan Bersama dengan Menu Seimbang dan dilanjutkan dengan Minum Tablet Tambah Darah (TTD) Serentak serta Penyuluhan/Edukasi”  Kata Dedy,

suafoto
Sua foto bersma lintas Sektor dan OPD terkait Kampanye Aksi Bergizi Nasional bersama Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kemenag Provinsi /Kabupaten/Kota, Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (TP-UKS/M) Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten/Kota serta seluruh pihak yang terlibat, Rabu, 26/10/2022.

kemudian ia melanjutkan  “Pelaksanaan di Sumatera Selatan juga diikuti  oleh seluruh Kabupaten / Kota, dari data yang dilaporkan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota ada 282 Puskesmas yang telah berkoordinasi dengan 885 SMA/SMK/MA dan SMP/MTs dengan total 109.567 siswi (Kelas 7,8,10 dan 11) yang akan berpartispasi dalam bentuk Minum Tablet Tambah Daerah (TTD) secara serentak. Hal tersebut melebihi target dari Kementerian yang mengharapkan setiap kabupaten/kota melakukan Aksi Bergizi minimal  di 2 sekolah untuk memenuhi target pemecahan Rekor MURI sebanyak 800 – 1028 sekolah melaksanakan aksi bergizi serempak, yang diharapkan sebanyak 8 – 10 juta Siswi yang tersebar di seluruh Indonesia Minum TTD bersama pada hari ini Rabu, tanggal 26 Oktober 2022.. Sehingga walaupun Pencanangan Aksi Bergizi Tingkat Provinsi telah kita lakukan pada tanggal 30 September 2022 di SMAN 1 Palembang yang lalu, namun kita ikut berperan aktif dalam upaya pemecahan Rekor MURI ini; karena seyogyanya setiap Remaja Putri diwajibkan untuk minum Tablet Tabah Darah setidaknya seminggu satu tablet Kegiatan ini juga diharapkan dapat memotivasi sekolah-sekolah lain untuk ikut melaksanakan kegiatan “Aksi Bergizi” secara rutin sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja serta mencegah anemia pada remaja putri sehingga meningkatkan kualitas remaja putri dalam pencegahan stunting, dalam mendukung pencegahan stunting secara nasional,” jelasnya.

senamaksibergizi
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP, (pakai syal), didampingi Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dedy Irawan, SKM, MKM (kiri) dan Kepala Seksi Promosi Kesehatan, Imam Subroto, SKM, M.Kes ( tengah belakang) melakukan Senam aksi bergizi dengan media flashmob yang diperagakan oleh siswi SMA N 21 Palembang secara bersama yang mengajak semua remaja putri untuk rutin mengkonsumsi tablet tambah darah

Lihat aktivitas serupa di media sosial instagram , Kegiatan Aksi Bergizi

Tonton video kegiatan aksi bergizi di akun twitter Dinkes Sumsel

Lihat aktivitas media sosial facebook Dinkes Sumsel di Kegiatan aksi bergizi

Simak artikel lebih luas Remaja Putri yang sehat harus menerapkan konsumsi tablet tambah darah, makan gizi seimbang dan olahraga setiap hari