Kader Posyandu Dalam Giat Penggerakan Masyarakat Cegah Stunting

Penggerakan masyarakat4
Ibu-Ibu Kader Posyandu bersama narasumber dan panitia setelah menciptakan yel yel kesehatan posyandu bersama di Aston, Senin, 12/12/2022

Palembang – Dinkes Sumsel , Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan,dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP, membuka resmi acara Pelatihan Kader penggerakan masyarakat dalam cegah stunting itu penting di Hotel Aston Palembang pada Senin sampai Rabu, 12 – 14 Desember 2022. Pelatihan Kader penggerakan masyarakat dalam cegah stunting itu penting sudah sesuai juga dengan Pedoman Kelompok Kerja Pembinaan Posyandu dari Kemenkes.

Penggerakan masyarakat1
Staf pengelola program, Citra S, SKM bersama Narasumber Kesehatan Masyarakat UNSRI, Najmah, S.K.M., M.P.H, Ph.D, menjelaskan materi kepada para peserta terkait penyuluhan kesehatan di Posyandu, Aston, Senin, 12/12022

Pada sambutan dan sapa kepada peserta kader, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan , dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP menjelaskan bahwa Posyandu bukan punya kesehatan tapi punya desa yang ada di tempat desa dan ibu kader mengajarkan kepada masyarakat untuk kemajuan kesehatan agar dapat diterapkan. Dokter Tris juga mengapresiasi ibu-ibu kader dalam melaksanakan kegiatan posyandu yang tugasnya cukup banyak. Dikatakan dr. Tris “Ibu-ibu Kader adalah kader yang menyampaikan promotif dan preventif kepada masyarakat. Salah satunya yaitu menyampaikan edukasi promotif melakukan penyuluhan misal .. ‘ibu ibu bawalah anak-anak ke Posyandu untuk ditimbang, imunisasi agar diketahui kekebalan tubuh’ juga mencegah stunting.. pendek blm tentu Stunting dan salah satunya IQ kurang.. seperti itu ya ibu-ibu” kata dokter Tris.

Penggerakan masyarakat2
Penggerakan Masyarakat Dalam Cegah Stunting Itu Penting oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP didampingi Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat H. Imam Subroto, SKM,M.Kes, dihadiri kader Posyandu terpilih dari kabupaten kota dan narasumber, Aston, Senin, 12/12/2022.

Trisnawarman sempat menyapa para kader yang hadir seperti di Kota Palembang , Ogan Ilir, Banyuasin (Sukomoro, tanah mas), Musibanyuasin (Kec. Batanghari L), Musi Rawas, Lubuk Linggau, Empat Lawang (Tanjung Kupamg, Kemang Manis), Lahat (Talang Jawa Selatan, Pasar Lama), Pagaralam, Muara Enim (Rambang, Sugih Rawas), Pali (Pendopo), OKI (Sp. Padang, Kayuagung), OKU (Baturaja Timur), OKUT (Martapura), OKUS (Muara Dua), Prabumulih, yang merupakan kader-kader yang aktif semua. Hadir juga narasumber dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, Persatuan Ahli Gizi Indonesia dan UNSRI.

Penggerakan masyarakat3
Narasumber Dinkes Prov.Sumsel, Redi K, SKM, memberikan materi komunikasi kesehatan kepada Kader Posyandu di Aston, Senin, 13/12/2022.
Penggerakan masyarakat5
Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakay, H. Imam Subroto, SKM,M.Kes memberikan penjelasan kepada para peserta tentang materi pembekalan pokjanal poyandu, Aston, Selasa 13/12/2022.

Pada waktu yang sama, Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, H. Imam Subroto, SKM,M.Kes, menyampaikan laporannya bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memahami kegiatan pengembangan, penyuluhan dan pelaporan posyandu secara online maupun manual oleh kader posyandu. Dikatakan imam “Kader yang terpilih adalah yang dipilih pengalaman yang panjang.. ada yang lima tahun ada juga yang 10 tahun” ujarnya. Lalu imam juga menjelaskan Fungsi posyandu untuk ciptakan Sumsel yang sehat, ” fungsi posyandu diharapkan menciptakan sumsel yang sehat”. tutupnya.