tutuprakorsbh
Kabid Kesmas, Selaku Ketua SBH Sumsel, Dedy Irawan, SKM, MKM Memberikan pesan kepada Krida-Krida SBH pada malam penutupan sebelum penyalaan api unggun di lokasi lapangan Asrama Haji Palembang, Kamis, 9/2/2023.

Asrama Haji Palembang, dinkes.sumselprov.go.id – Giat penutupan Rapat Koordinasi Saka Bakti Husada Sumsel ditutup secara resmi oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Selaku Ketua Saka Bakti Husada (SBH), Kak Deddy Irawan, SKM, MKM dengan simbolik penyalaan api unggun di lokasi  lapangan Asrama Haji Palembang, Kamis, 9/2/2023

Pada pernyataan sambutannya Kak Dedy menyampaikan bahwa SBH memiliki peran yang sangat strategis dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. “Anggota Saka Bakti Husada dapat menjadi contoh role model penyambung informasi edukator dan pendamping di masyarakat dalam pencegahan penyakit anggota Saka Bakti Husada juga diharapkan dapat menjadi pelopor kesehatan dimulai dari diri sendiri keluarga maupun masyarakat.. pembinaan dan pengembangan SBH  dilakukan secara terus-menerus dan terintegrasi dengan melibatkan banyak pihak” kata Kak Dedy.

kridasbhsumsel
Krida-Krida SBH Sumsel beserta segenap jajaran mengabadikan momen penutupan di lapangan Asrama Haji Palembang, Kamis, 9/2/2023.

Lanjut ia jua berharap “Krida-Krida serta kecakapan dalam Saka Bakti Husada diharapkan dapat menjadi bekal keterampilan anggota SBH dalam melakukan peran serta dalam masyarakat di bidang kesehatan.. “peran yang diberikan SBH telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan meningkatkan Citra gerakan Pramuka dengan menjadi pelopor hidup bersih dan sehat sehingga menjadi karakter penggerak pembangunan kesehatan yang membantu percepatan pencapaian cakupan upaya kesehatan” jelasnya.

Selanjutnya optimalisasi pembinaan dan pengembangan SBH dilakukan secara terus-menerus dan terintegrasi dengan melibatkan banyak pihak melalui Krida Krida serta kecakapan dalam SBH diharapkan menjadi bekal keterampilan anggota SBH dalam meningkatkan peran masyarakat di bidang kesehatan termasuk dalam pergerakan gerakan masyarakat hidup sehat” ujar Kak Dedy saat malam penutupan.

Seperti diketahui, Satuan karya pramuka Bakti Husada yaitu satuan karya pramuka yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kesehatan yang dapat diterapkan dalam diri, keluarga lingkungan dan mengembangkan lapangan pekerjaan di bidang kewirausahaan, Saka Bakti Husada memiliki Enam Krida yaitu Krida Bina Keluarga, Krida Bina lingkungan sehat, Krida penanggulangan penyakit,Krida Bina gizi Krida Bina obat dan Krida Bina perilaku hidup bersih dan sehat. Keenam Krida ini dikembangkan melalui upaya pelaksanaan kegiatan dalam menjawab tantangan dan solusi permasalahan di bidang kesehatan.

Menanamkan perilaku sehat dalam diri seseorang membutuhkan proses yang panjang, komitmen yang kuat dan dukungan dari provider kesehatan serta penggerak masyarakat termasuk jajaran Pramuka.  Hal ini sejalan dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan tujuan agar masyarakat berperilaku sehat sehingga berdampak pada kesehatan yang terjaga produktif dan lingkungan bersih.

Lihat video prosesi penutupan

Tonton juga video semangat Promotor Kesehatan SBH Sumsel

Lihat juga di akun media sosial

Twitter   |   Facebook|   Instagram