sambutankakdwdy
Ketua Saka SBH Kak Dedy Irawan, SKM, MKM menyampaikan sambutannya pada Rapat Koordinasi SBH Sumsel, Dokumentasi bersama Saka Bakti Husada Sumsel, didampingi oleh Wakil Ketua Saka SBH, Kak Imam Subroto, SKM,M.Kes, dan Pamong SBH Sumsel, Kak Deri Sudiono, Asrama Haji Palembang, Rabu, 8/2/2023

Palembang, dinkes.sumselprov.go.id –  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Diwakili Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Selaku Ketua SBH, Kak Dedy Irawan, SKM, MKM mengutarakan enam langkah tindak lanjut kepada kakak-kakak yang hadir dalam acara Rapat Koordinasi Satuan Karya Bakti Husada Tingkat Provinsi Tahun 2023 di Asrama Haji Pada Rabu, 8 Februari 2023.

khusudoa
Khusyu berdoa pada acara Rapat Koordinasi Saka Bakti Husada Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Asrama Haji Palembang, Rabu, 8/2/2023

Kak Dedy menyampaikan enam hal yang juga perlu diteruskan penyampaiannya kepada pengelola ranting yang lain. “Pertama yaitu setiap pimpinan Saka Bakti Husada (SBH) tingkat pusat dan daerah / cabang / ranting melakukan penyebarluasan informasi tentang SBH sebagai Agent of Change Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Pramuka sebagai Tenaga Kesehatan Cadangan .. kemudian yang kedua melakukan penggerakan Germas bersama seluruh anggota Saka Bakti Husada di tingkat daerah, cabang dan ranting.. ketiga, berkoordinasi bersama Pimpinan di daerah terkait dengan keikutsertaan Perkemahan Bakti Nasional (PERTINAS) 2023 yang direncanakan  bulan Juli/Agustus 2023 di Perkemahan Cibubur” imbuhnya.

psertasbh
Hadir lengkap untuk pelantikan dan pengambilan sumpah Pengukuhan Kepengurusan Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Daerah Sumatera Selatan Masa Bakti Tahun 2022 – 2027, Asrama Haji Palembang, Rabu, 8/2/2023.

“.. selanjutnya yang keempat adalah  menyiapkan dokumen terkait penggerakan  (Germas) yang telah dilakukan di tiap daerah, cabang dan ranting serta mengunggah dan mention media sosial SBH Nasional melalui tagar #AksiGermasSBH,.. kelima menyediakan dukungan sumber daya (SDM, anggaran, sarana) untuk mendukung gerakan kesehatan prioritas nasional melalui peran serta SBH ,. dan terakhir keenam yaitu melakukan Updating Data Keanggotaan Saka Bakti Husada” imbuh Dedy.

pserta
Kak Bahori, Kak Fikri, Kak Bahnan dan Kak Edwin Hadir menyimak Kepengurusan Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Daerah Sumatera Selatan Masa Bakti Tahun 2022 – 2027, Asrama Haji Palembang, Rabu, 8/2/2023.

“jadi kakak-kakak , memang beberapa tahun ini khususnya di SBH ada penurunan performance keaktifan, tentunya dalam pandemi ini perlu ditingkatkan lagi peran SBH .. agar dapat mengumpulkan lagi informasi data keanggotaannya serta tindak lanjut pertinas , paling tidak hasilnya yang enam ini” ujar Kak Dedy saat meresmikan rapat kegiatan.

pembukaansambutanKakDedy
Ketua Saka SBH Kak Dedy Irawan, SKM, MKM menyampaikan sambutannya pada Rapat Koordinasi SBH Sumsel, Dokumentasi bersama Saka Bakti Husada Sumsel, didampingi oleh Wakil Ketua Saka SBH, Kak Imam Subroto, SKM,M.Kes, dan Pamong SBH Sumsel, Kak Deri Sudiono, Asrama Haji Palembang, Rabu, 8/2/2023

Senada disampaikan Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Selaku Wakil Ketua SBH, Kak Imam Subroto, SKM, M.Kes dalam laporannya juga menyampaikan tindak lanjut enam hal tersebut, imam mengatakan  dasar SK Kadinkes Prov. Sumsel 001/kep/kes/XII/2023 Tanggal 1 Februari 2023 tentang Kegiatan Rakornas SBH Tahun 2023 yang ber tujuan penguatan SBH  di tingkat cabang dan ranting yaitu Puskesmas  Se- Sumsel, peningkatan kapasitas pamong instruktur SBH
,updating basos data SBH,  mensosialisasikan program kerja tahun 2023 , menyampaikan program masing-masing daerah oleh perwakilan cabang Kabupaten Kota dan merumuskan program rencana tindak lanjut.

dilaoginteraktifimamsub
Paparan materi dari Kak Imam Subroto serta tanya jawab dalam kegiatan Rapat Koordinasi SBH Sumsel, Dokumentasi bersama Saka Bakti Husada Sumsel, Asrama Haji Palembang, Rabu, 8/2/2023

“Peserta keseluruhan 86 orang pengurus dan pengelola SBH, narasumber diantaranya dari Dinkes Provinsi Sumsel, Himpunan perawat kegawatdaruratan, ahli komunikasi praktisi media, kuartir daerah kwarda sumsel, materi diataranya peran sbh dalam mendukung invetarisasi  germas, Kabupaten cab kab kota, kemudian Digital fundamental, masalah kesehatan remaja serta beberapa materi penting lainnnya.. kak Imam juga mengtaakan “dari 300 Puskesmas baru 40 persen ranting yg membentuk sbh dan keterbatasan BOK yang belum muncul untuk itu Komitmen pimpinan supaya lebih optimal agar survive selalu” tandas Kak Imam dalam laporan kegiatan.

Lihat foto galeri selengkapnya disini

Sebagaimana diketahui SBH diperuntukkan bagi para pramuka penegak dan pandega atau para pemuda usia antara 16 – 25 tahun dengan syarat khusus. Setiap Satuan Karya memiliki beberapa krida, yang masing-masing mengkhususkan pada subbidang ilmu tertentu bidang kesehatan. Saka Bakti Husada memiliki 6 (Enam) krida yang terdiri dari 35 Syarat Kecakapan Khusus, untuk memperoleh Tanda Kecakapan Khusus Kelompok Kesatuan Karyaan, dapat diperoleh oleh adek-adek Pramuka di Gugus Depan dengan bergabung dan belajar di Sanggar SBH baik yang ada di Dinas Kesehatan maupun di Puskesmas selama enam bulan.

lihat galeri GFoto penyampaian materi dan dialog tanya jawab

lihat juga galeri media sosial di akun facebook Dinkes 

lihat juga galeri media sosial di akun twitter Dinkes

Cek juga giat sejenis di Instagram Dinkes Sumsel