Palembang , dinkes.sumselprov.go.id – Mewakili Kadinkes Prov. Sumsel, Sekretaris, H. Fery Fahrizal, SKM,MKM membuka resmi pembukaan Pelatihan Manajemen Puskesmas Angkatan II Tahun 2023. Pelatihan diselenggarakan di Balai Pelatihan Kesehatan Prov.Sumsel pada tanggal 3 Mei sd 13/Mei 2023.

 

Sebagaimana diketahui Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya kesehatan perorangan (UKP) tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya.

Hal ini juga disampaikan oleh Fery bahwa “Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peran penting dalam sistem kesehatan nasional, khususnya sub sistem upaya kesehatan” Tuturnya. “Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat. Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan tersebut, Puskesmas mengintegrasikan program yang dilaksanakan dengan pendekatan keluarga” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan Kepala UPTD Bapelkes Prov. Sumsel, Dewi Oktaria, S.Sos, Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih,Pejabat Struktural Dinas Kesehatan Prov. Sumsel dan UPTD Bapelkes Prov. Sumsel, Para Fasilitator, Pengendali Pelatihan