Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) menyampaikan Sambutan dan Arahan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Pada Kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan (Rakorbidkes) Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023, turut mendampingi rapat, Sekretaris Dinkes Prov. Sumsel, H. Fery Fahrizal, SKM, MKM, Lubuk Linggau, Jumat, 22/07/2023.
Lubuk Linggau, dinkes.sumselprov.go.id – Sambutan dan Arahan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Pada Kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) menyampaikan bahwa Upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang optimal terlihat dari semakin meningkatnya umur harapan hidup karena semakin meningkatnya kualitas kesehatan ibu dan anak (menurunnya AKI dan AKB), semakin menurunnya kesakitan dan kematian akibat penyakit menular dan tidak menular, meningkatnya prilaku masyarakat menerapkan kebiasaan hidup sehat melalui Germas, serta dukungan dan partisipasi dari lintas sektor dan masyarakat.

“Seiring dengan perjalanan pembangunan bidang kesehatan dari waktu ke waktu, saat ini isu strategis yang masih menjadi perhatian (prioritas nasional) adalah 1) peningkatan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi dan keluarga berencana, dengan focus prioritas menurunkan AKI dan AKB; 2) percepatan perbaikan gizi masyarakat, dengan focus prioritas menurunkan prevalensi stunting hingga 14% di tahun 2024; 3) perbaikan pemberantasan dan pengendalian penyakit menular dan tidak menular, dengan focus prioritas penurunan angka TB Paru, HIV AIDS, serta Deteksi risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti Hipertensi, Stroke, DM; 4) Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan 5) memperkuat ketahanan system kesehatan, farmasi, alkes dan obat-obatan” Jelas Dokter Tris, Lubuk Libggau, Jumat, 21/07/2023.

Diketahui, Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota beserta fasilitas pelayanan kesehatan (RS dan Puskesmas) merupakan entitas yang sangat berpengaruh dan berperan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat. Salah satunya adalah menguatnya koordinasi antara provinsi dan kabupaten/kota dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang merata dan berkualitas, maka untuk menguatkan koordinasi antara provinsi dan kabupaten/kota beserta koordinasi pelayanan di rumah sakit dan puskesmas dan jaringannya diperlukan kegiatan koordinasi secara baik, periodik dan terukur melalui Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan (RAKORBIDKES) antara Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Demikian juga percepatan penggerakan operasional program baik dana Dekonsentrasi, APBD maupuan dana DAK Fisik dan Nonfisik sehingga realisasi bisa tercapai secara optimal.

Hadir Walikota Lubuk Linggau, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Selatan Beserta Jajarannya, Kepala Instansi Vertikal di Lingkungan Kementerian Kesehatan, Narasumber