uhcsumselberkat
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP menyampaikan pesan dan mengajak untuk mensukseskan program Sumsel Berkat (berobat pakai KTP) kepada peserta yang hadir dari Dinas Kesehatan Kab. Kota dan RSUD nya dalam Koordinasi Lintas Sektor Program Jaminan Kesehatan Nasional Di Provinsi Sumatera Selatan di Hotel Santika Premiere Palembang, Selasa, 26/9/2023.

Palembang, Dinkes Sumsel – Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor Program Jaminan Kesehatan Nasional Di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 digelar pada Selasa, 26 September 2023 kemarin serta dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman,M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) di Ballroom Santika Premiere Palembang.

“Saat Ini sudah 17 Kabupaten/kota Di Sumatera Selatan Yang Telah Mencapai UHC” Kata Dokter Tris. Lanjut ia menjelaskan Per 01 September 2023, Penduduk Yang Telah Terjamin Program Jkn Di Provinsi Sumatera Selatan Mencapai Jumlah 8.396.170 Jiwa Atau 95,90%. “Dengan Kata Lain, Provinsi Sumatera Selatan Telah Mencapai Universal Health Coverage (UHC)” tuturnya.

“sesuai Surat Edaran Gubernur Sumatera Selatan Nomor: 054/se/dinkes/2023 Tanggal 12 September 2023 Tentang Sumsel Berkat, Gubernur Sumatera Selatan Telah Me-launching Program Sumsel Berkat “berobat Pakai Ktp”.
dan untuk Kelancaran Pelaksanaan Program Sumsel Berkat “berobat Pakai Ktp” Telah Terbit Instruksi Gubernur Nomor 005/instruksi/tahun 2023 Dan Nomor 006/instruksi/tahun 2023 Tanggal 15 September 2023 Yang Ditujukan Kepada Bupati/walikota, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi & Kab/kota, Kepala Dinas Sosial Provinsi & Kab/kota Dan Kepala Dinas Kependudukan & Catatan Sipil Provinsi & Kab/kota. Imbuh Dokter Tris

“besar Harapan Kami Untuk Seluruh Dinas Kesehatan Kabupaten/kota, Seluruh Fasilitas Kesehatan Mulai Tingkat Pertama Sampai Tingkat Lanjut Dan Lintas Sektor Terkait Memberikan Dukungan Secara Penuh Dalam Pelaksanaan Program Sumsel Berkat “berobat Pakai KTP” Sehingga Masyarakat yang Belum Memiliki Jaminan Kesehatan dan Membutuhkan Pelayanan Kesehatan Dapat Segera Dilayani” katanya.

Hadir dalam koordinasi lintas sektor, Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bidang Kesehatan Masyarakat, Dra. Lesty Nurainy, Apt.,M.Kes, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr.  Widya Anggraini, MARS, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, H. M. IFan Fahriansyah, SKM,M.Kes. Kepala Bidang Kesos dan Kesra Bappeda Provinsi Sumsel, Sultan M. Syah, SE, SH, MM, Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Selatan, Dodi Agus Reza Pahlevi, P.Sp,  Kasi FM Desa Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan, Bilradi.

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan Salah Satu Bentuk Perlindungan Sosial Di Bidang Kesehatan Untuk Menjamin Pemenuhan Kebutuhan Dasar Kesehatan Yang Layak Melalui Penerapan Sistem Kendali Biaya Dan Kendali Mutu, Dan Diselenggarakan Berdasarkan Prinsip Ekuitas (persamaan) Bagi Seluruh Penduduk. JKN Bertujuan Agar Masyarakat Dapat Memperoleh Pelayanan Kesehatan Yang Berkualitas Tanpa Menemui Hambatan Finansial Yang Berarti. Misi Utama Program JKN yaitu Menjamin Akses Terhadap Layanan Kesehatan Sesuai Kebutuhan Medis Setiap Orang Yang Bermukim Di Indonesia Dan Menghindarkan Setiap Orang dari Menjadi Miskin Akibat Beban Biaya Berobat Ketika Musibah Penyakit Menimpa Seseorang.