evaluasipembinaanrb
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) bersama narasumber , Bpk Fendi dan Ibu Niproh menjelaskan dimensi evaluasi pembinaan reformasi birokrasi di Swarna Dwipa, Kamis, 14/9/23.

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Palembang, dinkesprovsumsel – Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 25 Tahun 2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 menyebutkan bahwa Evaluasi Reformasi Birokrasi(RB) adalah serangkaian aktivitas pengambilan informasi, analisis, dan pemberian nilai dengan tujuan untuk mengukur kemajuan capaian pelaksanaan RB serta memberikan rekomendasi perbaikan yang berkelanjutan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, dr. H. Trisnawarman,M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) menjelaskan dimensi evaluasi RB. “Terdapat dua dimensi dalam Evaluasi Eksternal Reformasi Birokrasi, yaitu dimensi RB General dan dimensi RB Tematik” terangnya saat memberikan sambutan di Swarna Dwipa, Kamis, 14/9/2023.

Ia menuturkan “Reformasi Birokrasi General yang selanjutnya disebut RB General adalah upaya perbaikan tata kelola pemerintahan yang berfokus pada penyelesaian permasalahan hulu terkait masalah umum birokrasi melalui berbagai kebijakan kementerian/lembaga di tingkat meso. Sedangkan Reformasi Birokrasi Tematik yang selanjutnya disebut RB Tematik adalah upaya percepatan pencapaian dampak berbagai agenda prioritas pembangunan nasional dengan mengurai dan menjawab untuk mengatasi akar permasalahan tata kelola pemerintahan (debottlenecking) berbagai permasalahan hilir tata kelola yang terkait tema yang sudah ditetapkan oleh tingkat makro dimana dalam hal RB tematik ini Dinas kesehatan fokus pada pengentasan kemiskinan dan stunting” jelas Dokter Tris.

Ia menuturkan tiga tujuan penting dalam evaluasi RB. “Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 9 Tahun 2023 tersebut, Tujuan dilakukan Evaluasi Reformasi Birokrasi di Lingkungan Dinas Kesehatan dan UPTD adalah 1. Memperoleh informasi tentang pelaksanaan dan pencapaian reformasi Birokrasi Di Lingkungan Dinas Kesehatan Dan UPTD, 2. Memonitor pelaksanaan tindak lanjut hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi Dinas Kesehatan dan UPTD periode sebelumnya, 3. Memberikan saran perbaikan untuk meningkatkan pencapaian Reformasi Birokrasi Dinas Kesehatan dan UPTD Secara Berkelanjutan” Imbuhnya.

Selain itu ia juga menambahkan, “Diselenggarakannya rapat koordinasi juga bertujuan untuk memperoleh masukan dan saran atas usulan Konsep Rencana aksi pelaksanaan RB Dinas Kesehatan dan UPTD yang akan dibagi dalam 3 (tiga) komponen yaitu RB General, RB Tematik dan Rekomendasi hasil evaluasi” tegasnya.

“Dengan terselenggaranya Evaluasi dan Pembinaan Reformasi Birokrasi di Lingkungan DInas Kesehatan dan UPTD, diharapkan mampu menjamin pelaksanaan Reformasi Birokrasi Dinas Kesehatan dan UPTD Tahun 2023 berjalan dengan baik” Kata Dokter Tris saat meresmikan acara.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_images_carousel images=”17760,17758,17762,17755,17761,17756,17754,17752″ img_size=”medium” speed=”1500″ autoplay=”yes” wrap=”yes” title=”Evaluasi dan Pembinaan RB”][/vc_column][/vc_row]