sosialisasieyd
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman,M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) membuka acara sekaligus memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) di Swarna Dwipa Palembang, Jumat, 8 September 2023

Palembang, Dinkes Sumsel, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman,M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) membuka acara sekaligus memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) di Swarna Dwipa Palembang, Jumat, 8 September 2023. “Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan  sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 30, bahasa Indonesia merupakan sarana pemersatu, identitas, dan wujud eksistensi bangsa yang menjadi simbol kedaulatan dan kehormatan negara.. Berikutnya dipertegas dengan Perpres Nomor 63 Tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 30 September 2019 lalu disebutkan bahwa Bahasa Indonesia wajib digunakan sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan, ruang publik, dan pelayanan administrasi publik di Instansi Pemerintah” Jelas Dokter Tris.

“Selanjutnya, setelah memperhatikan Peraturan Menteri dalam negeri Nomor 54 Tahun 2009 tentang Tata Naskah di Lingkungan Pemerintah Daerah dan Peraturan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2023 tentang Tata Naskah di Lingkungan Pemerintah Daerah terdapat beberapa perbaikan dalam hal penulisan Tata Naskah Dinas Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi dan pembinaan  kepada para seluruh pegawai baik ASN maupun tenaga honorer di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan  untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Saya berharap, kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para peserta, saya ucapkan selamat mengikuti Sosialisasi Pengutamaan Penggunaan Bahasa Negara di Ruang Publik dan Naskah Dinas” Tuturnya.

Pada Tempat dan waktu yang sama, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Edwun Yulius, SKM,MSi, selaku ketua panitia acara menyampaikan “adapun tujuan Pertemuan Sosialisasi Penggunaan Ejaan EYD V Bahasa Indonesia di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan adalah untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam menerapkan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar berupa penggunaan ejaan, bentuk dan pilihan kata, kalimat dan paragraf dalam tata naskah dinas” kata Edwin.

Seperti yang kita ketahui, bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan dan bahasa resmi negara Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai ejaan, bentuk dan pilihan kata, kalimat dan paragraf dalam naskah dinas dan di ruang publik merupakan salah satu wujud kebanggaan dan kecintaan kita terhadap bahasa Indonesia. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan penggunaan bahasa Indonesia yang tidak sesuai dengan kaidah yang berlaku. Hal ini dapat terlihat dari penggunaan bahasa Indonesia yang tidak baku, penggunaan bahasa asing yang tidak perlu, dan penggunaan bahasa Indonesia yang tidak efektif.

Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam naskah dinas dan di ruang publik dapat meningkatkan kualitas komunikasi dan interaksi serta dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap informasi dan kebijakan yang disampaikan oleh pemerintah.  Bahasa Indonesia yang tidak sesuai dengan kaidah yang berlaku dapat menimbulkan berbagai permasalahan, antara lain: mengganggu pemahaman  informasi yang disampaikan, menunjukkan kurangnya penghargaan terhadap bahasa Indonesia, menyulitkan orang-orang yang tidak menguasai bahasa Indonesia

Hadir Narasumber dari Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Seksi dan Kepala Subbagian Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Perwakilan UPTD di Lingkungan  Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Panitia.