rakontek2023
Rakontek Perencanaan Tahun 2023. Santika Palembang, Senin, 24 Oktober 2023. Dalam rangka melaksanakan upaya kesehatan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif salah satu hal yang dipastikan adalah dari sisi dukungan upaya kesehatan bisa tersedia, adalah bagaimana ketersediaan nakes yang memiliki jumlah yang merata serta kompetensi yang melekat di dalam SDM Kesehatan. Pemetaan tenaga kesehatan (nakes) di Fasilitas Kesehatan (faskes) harus mengacu kepada rencana kebutuhan (Renbut) by aplikasi begitu juga sarana prasarana (Sarpras) melalui aplikasi sarana prasarana alat kesehatan (ASPAK) untuk mendukung perencanaan.
Palembang, Dinkes Sumsel, Menghadiri pertemuan rapat koordinasi teknis perencanaan (Rakontek) tahun 2023, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, H. Fery Fahrizal, SKM,MKM mewakili Kepala Dinas menyampaikan peran perencanaan makin strategis dalam rangka melihat evaluasi bagaimana mengevaluasi perencanaan, dan evaluasi program kegiatan. “apakah sudah on the track dalam rangka mengatasi kebutuhan yang diidentifikasi dari masalah yang ditemui..kronologis data, metode sampai anggaran dan memerlukan waktu khusus apakah perencanaan sudah benar-benar baik” ucapnya saat di Santika Hotel, Senin, 23/10/2023.

 

Senada yang disampaikan Kasubbag Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan, Eka Ashari, SKM, M.Kes. mengatakan “Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud mengindentifikasi kegiatan untuk mencapai target kinerja prioritas nasional, permasalahan/kendala dalam perencanaan anggaran serta pelaksanaan DAK bidang kesehatan di Provinsi Sumatera Selatan dan kabupaten/kota, sekaligus mampu melakukan upaya-upaya percepatan realisasi di tahun berjalan dan di tahun mendatang” ungkapnya.

Giat Dokumentasi Foto << Lihat Disini >>

Teridentifikasinya kendala Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik maupun non fisik diharapkan Rakontek dapat mengawal pelaksanaan desk untuk 2024 berjalan dengan baik dan dilakukan dengan menetapkan indikator kinerja sebagai bagian perencanaan. Tersedianya dokumen perencanaan tahunan, tepat waktu secara kuantitas yaitu renstra juga ada renja, tersedianya laporan-laporan tepat waktu, juga tersedianya laporan di 17 kabupaten.

Rizki Rahmatullah, SE, Mpwk , Kasubdit Kesejahteraan Bappeda Prov Sumsel, mengulas materi tentang DAK Fisik dan Non Fisik Tahun 2023, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Prov. Sumsel, Deddy Irawan, SKM, MKM mengulas tentang materi tentang Sinkronisasi Program dan Kegiatan di Bidang Kesehatan Masyarakat Tahun 2024, Narasumber dari Kementerian Kesehatan, Nurul Roren, melalui dalam jaringan.